Surya Paloh Pastikan Tidak Maju sebagai Capres di Pemilu 2024, Beber Kriteria Capres Ideal | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Surya Paloh Pastikan Tidak Maju sebagai Capres di Pemilu 2024, Beber Kriteria Capres Ideal

Jul 25, 2022 20:27
Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Dharma Paloh saat berada di depan Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB), Senin (25/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Dharma Paloh saat berada di depan Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB), Senin (25/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Dharma Paloh menegaskan, hingga saat ini dirinya tidak akan maju sebagai Calon Presiden (Capres) RI pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan Surya Paloh setelah mendapatkan penghargaan Doktor Honoris Causa atau gelar Doktor kehormatan di Bidang Sosiologi Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) di Gedung Samantha Krida. 

Baca Juga : Borong Tiga Penghargaan dari BKN, Wali Kota Mojokerto: Ini Merupakan Keberhasilan Bersama

"Oh tidak, sudah pasti nggak lah. Kan sudah ada calon-calon presiden yang lain dan sudah diputuskan ya, selain di dalam internal partai NasDem maupun di luar. Kalau saya pribadi tidak (mencalonkan sebagai calon presiden di Pemilu 2024)," ungkap Surya Paloh kepada JatimTIMES.com, Senin (25/7/2022). 

Menurutnya, Partai NasDem telah memahami bersama bahwa sudah terdapat deretan tokoh bangsa dan anak-anak bangsa yang telah diproyeksikan sebagai capres di Pemilu 2024. 

Setidaknya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat (17/6/2022) lalu direkomendasikan tiga nama tokoh yang diusulkan sebagai capres pada Pemilu 2024 melalui usulan terbanyak dari masing-masing DPW Partai NasDem seluruh Indonesia. 

Tiga nama tokoh publik yag menempati urutan ke atas usulan dari masing-masing DPW Partai NasDem dari seluruh Indonesia yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Sementara itu, pihaknya pun membeberkan kriteria ideal Presiden RI menurut Partai NasDem. Setidaknya yang paling menjadi perhatian Partai NasDem bahwa sosok Presiden RI ke depan harus yang memiliki konsistensi atas ucapan dan perbuatan. 

"Yang kita harapkan nggak banyak, konsisten dia ucapan dengan perbuatannya dan mampu memberikan nilai tambah atas dasar ketauladanan perilaku dan sikap," ujar Surya Paloh. 

Menurutnya jika berbicara perihal mumpuninya seorang para tokoh publik yang masuk dalam bursa capres, hal itu sangat relatif sekali. Namun, yang dapat menjadi parameter dan konsensus bersama menurutnya siapapun tokoh publik yang menawarkan diri, diharapkan mampu memberikan sesuatu yang jauh lebih berarti untuk membangun bangsa Indonesia. 

Baca Juga : Hilirisasi Hasil Penelitian, 23 Tim Dosen UB Dapat Hibah Matching Fund Rp 11,7 Miliar

"Semangat pengorbanan dan mereka menawarkan diri menjadi pemimpin bangsa ini itu terimplementasikan dalam sikap kesehariannya, perilaku kesehariannya, ada kerendahan hati disana, bukan rendah diri ya, bisa merakyat dia, bisa juga menawarkan pikiran-pikirannya dengan banyak tersenyum bukan marah-marah, itu penting," jelas Surya Paloh. 

Menurutnya, saat ini pihaknya sangat merindukan sosok pemimpin bangsa yang ramah. Karena kata Surya Paloh jika semua pemimpin dan elit partai politik (parpol) hanya menunjukkan kemarahannya di publik, maka akan rusak bangsa ini. 

"Artinya yang kita dapatkan hanya pendekatan aspek kulit luar, tidak substantif. Keberanian untuk mengutarakan keterusterangan, spontanitas akan tereduksi sedemikian rupa. Kita tidak mau itu kan," ujar Surya Paloh. 

Menurutnya, semua yang dilakukan juga harus mengacu pada azas kepantasan, kepatutran serta nilai yang bersifat substantif, yang dapat diterima oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia. 

"Bukan dengan serta merta penuh dengan caci maki dan saling merendahkan satu sama lain. Itu yang harus menjadi konsen kita bersama. Kita harus mendukung suasana yang kondusif, agar bangsa ini maju ke depan," pungkas Surya Paloh. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Surya Paloh kriteria ideal presiden

Berita Lainnya