Sempat Turun di 2021, Strata KLA Bondowoso Kembali Lagi ke Madya | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sempat Turun di 2021, Strata KLA Bondowoso Kembali Lagi ke Madya

Jul 25, 2022 19:03
Bupati Bondowoso Salwa Arifin (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Bupati Bondowoso Salwa Arifin (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

JATIMTIMES - Status strata Kabupaten Layak Anak (KLA) Bondowoso tahun 2022 kembali ke status madya setelah di tahun sebelumnya turun menjadi pratama. 

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Bondowoso, Anisatul Hamidah mengatakan, hal tersebut diumumkan saat KLA Award pekan lalu. 

Baca Juga : Capaian Persentase Pajak Terbaik, Wali Kota Sutiaji Beri Penghargaan 5 Lurah dan 1 Camat

"Juga tadi malam pada kegiatan anugerah KLA, Alhamdulillah Kabupaten Bondowoso naik dari tingkat pratama tahun lalu. Tahun ini kategori Madya," ujarnya. 

Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat memberikan sambutan dalam peringatan hari anak nasional (HAN) di Pendapa Kabupaten, Sabtu (23/7/2022) lalu, menerangkan, prestasi ini harus disyukuri dan dibanggakan. Dengan cara terus bekerja maksimal untuk mempertahankan. 

"Dan selalu berupaya, terima kasih Dinas Sosial dan P3AKB," ujarnya.

Ia berharap, perolehan kategori ini yang berbarengan dengan peringatan puncak hari anak nasional (HAN) hendaknya menjadi momentum bagi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Bumi Ki Ronggo. Yakni, agar bergandengan tangan dan saling bahu membahu untuk bekerja bersama-sama mengatasi segala bentuk permasalahan yang terjadi pada anak. Seperti, terjadi kekerasan pada anak, pernikahan dini dan lainnya. 

Baca Juga : Bapenda UPT Singosari Optimis Target Pajak Tahun 2022 Terpenuhi

Diberitakan sebelumnya bahwa penilaian KLA sendiri dilaksanakan pada 7 Juni 2022 lalu. Kementerian PPPA menggunakan 24 indikator yang terbagi-bagi berdasarkan lima klaster untuk menilai dan mengevaluasi pelaksanaan kabupaten/kota layak anak di kabupaten/kota yang nantinya akan diberikan penghargaan.

Adapun, pembagian indikatornya yaitu kelembagaan (3 indikator), klaster hak sipil dan kebebasan (3 indikator), klaster lingkungan dan pengasuhan alternatif (5 indikator), klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan (6 indikator). Selain itu, terdapat indikator klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya (3 indikator), klaster perlindungan khusus (4 indikator).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kabupaten Layak Anak (KLA) dinsos p3akb bondowoso

Berita Lainnya