Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Bakso Kang Bagong: Jaminan Rasa Enak dan Tidak Sebabkan Kantong Bolong

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Dede Nana

24 - Jul - 2022, 04:20

Bakso Beranak Kang Bagong yang buka warung di Jalan Raya Ijen Barat Kantor Desa Olehsari, Glagah, Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)
Bakso Beranak Kang Bagong yang buka warung di Jalan Raya Ijen Barat Kantor Desa Olehsari, Glagah, Banyuwangi (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Bagi masyarakat atau pecinta kuliner yang kebetulan berkunjung dan singgah di Kota Banyuwangi yang dikenal sebagai serpihan tanah surga karena keindahan alam dan aneka macam kulinernya, kurang lengkap apabila tidak mencoba sensasi menikmati Bakso Kang Bagong yang membuka warung di Jalan Raya Ijen, Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Menurut Untung Purnomo, pemilik Warung Bakso Kang Bagong, usaha yang dirintis sekitar tahun 2000 tersebut siap memanjakan selera para pecinta bakso. Menu yang ditawarkan kepada pengunjung antara lain, bakso beranak, bakso mercon, bakso urat.

Baca Juga : Saat Ridwan Kamil Unggah Momen Jabat Tangan dengan Anies dan Ganjar: Pose Diarahkan Pak Pratikno

Menurut dia, menu andalan warung baksonya adalah  bakso beranak berukuran jumbo. Bakso dengan isian beragam bakso mungil hingga telur. Pecinta kuliner bisa menikmati di warung yang ada Jalan Raya Ijen, Dusun Krajan, Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Warung bakso satu ini wajib kalian kunjungi, selain memiliki cita rasa yang enak dan nikmat. Harga salah satu bakso beranak di Banyuwangi ini sangat bersahabat dengan isi kantong. Satu porsi bakso beranak jumbo bisa kalian santap cuma dengan harga Rp 25.000. Kalian sudah bisa menikmati bersama pasangan, keluarga, sahabat maupun teman.

Menurut Kang Untung, setiap hari pemilik bakso beranak ini menghabiskan 18 - 24 kilogram daging yang diolah menggunakan bahan adonan resep lainnya hingga menjadi bakso yang sedap disantap.

Warung bakso ini terbilang legendaris di Banyuwangi. Karena waktu jualan sudah cukup lama dan soal rasa tidak diragukan lagi. "Saya mulai jualan bakso sejak 1987. Waktu itu masih di Bali, kemudian pindah ke Banyuwangi mulai tahun 2000 hingga sekarang," imbuh pria yang akrab disapa Pak Bagong.

Rasanya yang enak dan harganya yang relatif murah tentunya  meninggalkan kesan tersendiri bagi pecinta kuliner. Sehingga bisa bertahan sampai sekarang. Banyak juga penggemar/pelanggan bakso yang mengunjungi tempat usahanya mulai dari wilayah Banyuwangi Barat, Kecamatan Kalibaru hingga Banyuwangi bagian selatan dan utara.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Gelar Kampanye Anti-Korupsi dan Sosialisasi Surat Edaran Sekda Kabupaten Kediri

Cita rasa Bakso beranak Pak Bagong kian bertambah karena dihidangkan dengan kuah rempah yang dicampur gajih sapi. "Isi dari bakso beranak saya beragam, mulai dari tetelan, daging, telur, dan sambal. Sedangkan kuahnya kaldu ditambah gajih sapi," tambah Pak Bagong.

Selain bakso beranak, ada beberapa menu bakso lain yang dapat dicoba. Diantaranya adalah bakso mercon, bakso urat, bakso balungan hingga bakso jeroan yang dibanderol dari harga Rp 10 ribu - Rp 15 ribu. Bakso beranak jumbo Pak Bagong ini biasa buka hari Senin – Minggu mulai pukul 14.00 WIB - 00.00 WIB.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Dede Nana

Berita Lainnya