Buntut Bagi-Bagi Minyakita Gratis, Mendag Zulkifli Hasan Ditegur Jokowi | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Buntut Bagi-Bagi Minyakita Gratis, Mendag Zulkifli Hasan Ditegur Jokowi

Jul 12, 2022 14:48
Mendag Zulkifli Hasan Ditegur Jokowi (Foto: IST)
Mendag Zulkifli Hasan Ditegur Jokowi (Foto: IST)

JATIMTIMES - Belum genap sebulan menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau Zulhas disebut sudah mendapat teguran dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Zulhas diperingatkan Jokowi buntut video bagi-bagi Minyakita gratis, yang sudah dibayarkan anaknya, kepada ibu-ibu.

Sebagaimana diketahui, Zulhas dilantik Jokowi sebagai Menteri Perdagangan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Pekerjaan rumah pertama yang diberikan Jokowi kepada Zulhas yaitu mengatasi permasalahan kebutuhan pokok masyarakat. 

Baca Juga : Viral Uang Rp 100 Kertas Terpampang Wajah Jokowi sebagai Pengganti Rp 100 Ribu, Ini Kata BI

Zulhas lantas berbicara soal cara mengatasi kelangkaan minyak goreng maupun harganya yang mahal.

"Sekali lagi saya kira background pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng di mana pun dan harga terjangkau. Itu yang paling penting," kata Zulhas seusai pelantikan.

Di era Zulhas, diketahui Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan Minyakita. Minyakita merupakan minya goreng murah yang dijual dengan harga Rp 14 ribu.

Minyakita yang sejatinya menjadi terobosan ini justru menjadi penyebab kontroversi bagi Zulhas. Video Zulhas membagikan Minyakita gratis dan meminta agar anaknya, Futri Zulya Savitri, dipilih menjadi perdebatan. 

PAN, partai yang dipimpin Zulhas, meluruskan bahwa ketua umum mereka menghadiri acara partai saat membagikan Minyakita yang disebut sudah dibayar oleh Futri.

Zulhas berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng Minyakita. Ibu-ibu yang ditanya Zulhas lantas menyebut mereka boleh membeli 2 liter Minyakita dengan harga Rp 10 ribu. 

Zulhas lalu meminta ibu-ibu itu menyimpan saja uang Rp 10 ribu karena 2 liter Minyakita akan dibayar oleh Futri.

"Sepuluh ribu dapatnya? Dua liter. Uang 10 ribu sudah bawa? Uangnya dikantongin. Rp 10 ribu yang nanggung Futri. Tuh, Futri. Kasih uangnya, kasih, kasih tuh sama tuan rumah," ujar Zulhas.

Zulhas lantas meminta ibu-ibu yang diberi 2 liter Minyakita gratis untuk memilih Futri. Ibu-ibu yang hadir terdengar mengiyakan Zulhas. 

Baca Juga : Serapan APBD Kota Batu 24 Persen, Terendah DPKP 3,90 Persen dan DPUPR 9,03 Persen

"Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri, ntar 2 bulan ada deh ginian," ujar Zulhas yang dijawab 'oke' oleh ibu-ibu.

Juru bicara PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan acara tersebut merupakan acara partai. Itu adalah acara PANsar Murah di Lampung pada Sabtu (9/7/2022).

Viva menyebut Zulhas saat itu hadir bukan sebagai Mendag. Futri, katanya, hadir dalam kapasitas sebagai calon legislator PAN Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I.

"Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Di acara itu, Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1," ujar Viva.

Menanggapi hal itu, Jokowi pun angkat bicara. Jokowi ditanya terkait video menterinya itu seusai kunjungan ke Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022). 

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp 14 ribu atau di bawah Rp 14 ribu. Paling penting itu. Tugas dari saya itu," kata Jokowi seperti dilihat dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan dia sendiri juga akan turun ke pasar-pasar untuk memastikan harga minyak goreng curah. Dia meminta harga minyak goreng curah di Pulau Jawa dipastikan dengan harga Rp 14 ribu atau jika bisa di bawahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Presiden Jokowi Zulkifli Hasan

Berita Lainnya