Viral Curhat Wanita yang Sepakat Childfree Bersama Suami, Mertua Tak Setuju dan Suruh Anaknya Poligami | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Viral Curhat Wanita yang Sepakat Childfree Bersama Suami, Mertua Tak Setuju dan Suruh Anaknya Poligami

Jun 24, 2022 10:18
Ilustrasi (Foto: Dating Psychologie)
Ilustrasi (Foto: Dating Psychologie)

JATIMTIMES - Menikah merupakan keputusan dan langkah besar bagi kehidupan seseorang. Sebelum menikah sebaiknya kamu dan pasangan membuat komitmen yang matang agar pernikahan tetap harmonis dan kokoh ke depannya.

Namun apa jadinya saat pasangan yang sudah saling sepakat dengan komitmen malah mendapat pertentangan dari mertua. Hal ini dialami oleh seorang wanita yang curhatannya viral di Instagram.

Baca Juga : Sang Putra Meninggal Tertembak, Keluarga Buya Arrazy Mengikhlaskan, Proses Hukum Terhenti

Dalam curhatannya yang diunggah akun Instagram @igtainmenttt, wanita itu mengaku, dirinya dan suami sudah sepakat untuk childfree. Childfree sendiri bisa diartikan sebagai pilihan untuk hidup tanpa memiliki anak setelah menikah. 

Ia dan suaminya mengaku sudah mandiri secara keuangan dan mempunyai karier gemilang.

"Aku wanita 35 tahun min, mapan secara finansial karena saya wanita karier juga dengan jabatan tinggi di kantor, suami juga sama sudah mapan juga," kata wanita yang tak diketahui namanya itu. 

Keduanya sekapat untuk childfree, tanpa anak atau bebas anak merupakan sebuah keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak, baik itu anak kandung, anak tiri, ataupun anak angkat. Wanita itu juga mengungkapkan alasannya memilih childfree.

"Dari sebelum menikah bahkan jauh pas masih pacaran aku dan suami sudah komitmen bakalan childfree. Alasanya karena aku punya mental ilness yang tidak bisa kontrol emosi. Aku memilih childfree karena itu, selain itu aku juga tidak suka anak kecil," ungkap si wanita. 

Keputusan wanita itu juga disetujui oleh suaminya. Hingga mereka berdua memutuskan untuk mempersiapkan dana hari tua. 

Rencana itu juga sudah dirancang dan dipertimbangkan secara finansial. Namun saat pernikahan masuk ke usia 3 tahun, suami tiba-tiba merasa kesepian. 

Ia ingin mempunyai buah hati dari pernikahannya. Wanita itu langsung terkejut karena sang suami seakan melanggar komitmen yang sudah dirancang jauh sebelum menikah. 

Mertua wanita ini pun meminta agar keduanya segera mempunyai momongan.

"Suami galau dan merasa hidupnya kesepian dan nggak ada maknanya. Ditambah desakan orang tuanya untuk punya cucu sebelumnya sudah dikasih tahu orang tuanya juga kalau kami memilih childfree," jelas sang wanita. 

Wanita itu lalu mengaku mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari sang mertua.

"Saya dicerahamin habis-habisan sama orang tuanya dibilang kalau meninggal tidak ada yang mendoakan," tuturnya.

Mertuanya emosi karena pilihan wanita itu untuk childfree. Sang mertua bahkan meminta anaknya untuk poligami agar segera mendapatkan keturunan. 

Baca Juga : Awal Semester Depan, Kasus PT PBS Banyuwangi Diupayakan Tuntas

"Jangan salahin saya jika nanti suami kamu poligami," tulis wanita itu dalam curhatannya menirukan ucapan mertuanya. 

Akun Instagram @igtainmenttt lantas bertanya kepada warganet untuk menanggapi curhatan wanita itu. Sebab sang wanita saat ini sedang galau dan bingung serta tidak tahu harus meminta saran kepada siapa hingga memutuskan bertanya pada warganet.

"Kalau sudah komitmen dari awal dan ada kesepakatan dari awal sih seharusnya suaminya komitmen, tapi kalau di pertengahan jalan tiba-tiba berubah begini gimana pendapat kalian?" tulis akun @igtainmenttt.

Curhat wanita

Warganet pun ada yang memberikan saran pada permasalahan wanita tersebut dan mendoakan agar mendapatkan solusi terbaik.

"Kasihan mbak sender malah dihakimi sesama perempuan. Padahal setiap orang kan beda-beda. Mau childfree atau engga, saling menghargai aja. Lagian better childfree daripada anaknya kurang kasih sayang atau punya anak sekedar prestige "gw punya anak" tapi diurus kagak sama emak bapaknya," kata akun @gemil.na.

"Pilihan untuk childfree itu masih tabu di lingkungan keluarga Indonesia khususnya para mertua2/ orang tua pasangan. Maka dari itu saya memilih suamifree karena childfree," ujar @ikachu93.

"Kalau menurut aku sih kalau gak mau punya anak mending gak usah nikah. Karena meskipun sudah komitmen yang namanya orang pasti bisa berubah-ubah. Mungkin suaminya lihat teman-temannya punya anak jadi kepengen," kata pengguna akun @candra_evangelista.

"Better lepasin suaminya mba, daripada di poligami. Cari yang sejalan sama visi mba," saran pengguna Instagram @ctsartika_aziz.

"Kalau gak perjanjian hitam di atas putih si ya susah. Namanya juga manusia, pikirannya bisa berubah-ubah. Siapa tahu mbaknya juga nanti pikirannya berubah juga. Kita gak akan tahu di masa depan akan seperti apa, rencana hanyalah rencana, tapi Tuhan maha pembolak balik hati," timpal akun @justamarta.

"Buat mbaknya, semoga menemukan solusi yang terbaik ya mbak," saut akun @mayht.5.

"Childfree pilihan hidup sih emang .. tp jgn jg memaksakan org lain untuk ttp pd pilihan km .. kalau ga sejalan krn banyak faktor better pisah sih .. biarkan mas nya punya hidup baru yg sesuai dgn harapan dia . . Mbaknya bs hidup mandiri sendiri dan ga punya anak .. bs fokus sama kebahagiaan mbak sendiri tanpa menyulitkan dan melukai org lain dgn dalih "komitmen" ..," tulis akun @mamamine_.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
childfree Pernikahan

Berita Lainnya