Demo Mahasiswa soal RKUHP Hari Ini Bakal jadi Kado Ulang Tahun Jokowi ke-61 Tahun | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Demo Mahasiswa soal RKUHP Hari Ini Bakal jadi Kado Ulang Tahun Jokowi ke-61 Tahun

Jun 21, 2022 09:43
Presiden Joko Widodo (Foto: CNN Indonesia)
Presiden Joko Widodo (Foto: CNN Indonesia)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini Selasa (21/6/2022) berulang tahun ke-61. Jokowi lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya, Surakarta, 21 Juni 1961. 

Awalnya, Jokowi lahir dengan nama Mulyono. Namun, kedua orang tuanya mengganti namanya menjadi Joko Widodo setelah Mulyono berulang kali sakit.

Baca Juga : Gonjang-ganjing di Balik Perombakan Kabinet Jokowi yang Disebut Bisa Berdampak pada Peta Koalisi 2024

Ia lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi. Jokowi adalah anak pertama dari 4 orang bersaudara. Semasa kecil, Jokowi hidup dalam keluarga yang sederhana. Ayahnya bekerja sebagai penjual kayu dan bambu di sekitar bantaran kali Karanganyar, Jawa Tengah. 

Ia mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Kota Solo. Kemudian, Jokowi melanjutkan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada. 

Ia lulus pada 1985 setelah menyelesaikan skripsi berjudul "Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta".

Seusai kuliah, Jokowi mencoba berkarier di sejumlah perusahaan kayu. Tahun 1988, ia mendirikan usaha kayu dengan nama CV Rakabu.

Jokowi menikah dengan Iriana pada tahun 1986. Mereka memiliki 3 anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Kini Jokowi sudah memiliki 4 cucu. Mereka bernama Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Mana, Sedah Mirah Nasution, dan Al Nahyan Nasution.

Karir Politik Jokowi

Soal karir politik, Jokowi memulainya pada 1998. Ia bergabung dengan PDIP yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

Jokowi menjadi Wali Kota Surakarta pada 2005 dan berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo dalam pilkada tersebut. Jokowi menjabat selama 2 periode. 

Setelah itu, PDIP dan Partai Gerindra memboyong Jokowi ke DKI Jakarta. Ia dipasangkan dengan mantan Bupati Belitung Timur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jokowi-Ahok mengalahkan petahana Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Keduanya lantas menjabat pada periode 2012-2017.

Di tengah perjalanan di DKI, Jokowi mendapat tiket Pilpres 2014. Ia berpasangan dengan politikus senior Jusuf Kalla. 

Baca Juga : Pengembang Sebut Realisasi Perumahan PNS Kota Malang karena Political Will Pemerintah

Mereka menjadi presiden dan wakil presiden usai mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Jokowi kemudian kembali mencalonkan diri pada Pilpres 2019 dengan menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin. 

Mereka mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi pun melanjutkan kepemimpinannya hingga 2024 mendatang. 

Jokowi Mendapat Hadiah Demo dari Mahasiswa Hari ini

Aliansi Nasional Reformasi Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) rupanya akan memberikan kado ulang tahun kepada Jokowi yang ke 61 dengan berunjuk rasa. Anggota Aliansi Nasional RKUHP dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Melki Sedek Huang mengatakan pihaknya akan menggelar aksi terkait persoalan RKUHP hari ini. 

"Jadi bertepatan di ulang tahun Pak Jokowi hari ini kita ingin kasih kado ya. Jadi kadonya adalah kita merayakan ulang tahun Pak Jokowi dengan melaksanakan aksi," kata Melki.

Melki mengatakan selama ini pemerintahan Jokowi dan DPR menutup-nutupi draft RKUHP. Oleh sebab itu pihaknya akan mendesak pemerintah membuka rancangan KUHP itu ke publik.

Rencananya, aksi akan digelar secara simbolik di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat sekitar pukul 14.00 WIB. Unjuk rasa akan diikuti banyak elemen masyarakat.

Selain itu, Melki juga mengaku pihaknya telah melayangkan pemberitahuan ke Polda Metro Jaya Senin (20/6/2022) terkait aksi unjuk rasa ini. 

Sebelumnya, draft RKUHP menjadi sorotan oleh banyak pihak. Sejumlah kelompok masyarakat mulai dari mahasiswa hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM) mendesak pemerintah segera membuka draft RKUHP tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
aksi mahasiswa Presiden Joko Widodo

Berita Lainnya