Roy Suryo Minta Maaf Usai Unggah Stupa Candi Borobudur yang Mirip Wajah Jokowi  | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Roy Suryo Minta Maaf Usai Unggah Stupa Candi Borobudur yang Mirip Wajah Jokowi 

Jun 17, 2022 08:51
Roy Suryo (Foto: IST)
Roy Suryo (Foto: IST)

JATIMTIMES - Pakar telematika Roy Suryo akhirnya angkat bicara setelah unggahan meme patung Buddha di Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi polemik. Atas perbuatannya itu, Roy Suryo mengaku menyesal dan meminta maaf.

"Saya kebetulan memang belum dapat nomor dari Wu (Kevin Wu). Kalau ada saya juga ingin menyampaikan klarifikasi dan sekaligus dengan rasa tanggung jawab saya yang besar dengan sepenuh hati yang paling dalam, saya minta maaf kepada semua umat Buddha atau masyarakat yang mungkin terkena imbasnya," kata Roy Suryo, Kamis (16/6/2022). 

Baca Juga : Juara MTQ Nasional Beberkan Tips Jitunya di Webinar MTQUB XV 2022

Roy Suryo juga mengaku ia tidak punya maksud atau niatan untuk melecehkan umat Buddha dengan postingan tersebut. Diketahui, Roy kini telah menghapus postingannya usai menyadari unggahannya menimbulkan polemik di masyarakat.

Lebih lanjut, Roy juga menuding ada buzzer yang mencoba menggiring opini seolah-olah dirinya lah yang mengedit meme stupa Candi Borobudur tersebut. Padahal, Roy menyebut mengunggah meme itu setelah di-mention sebuah akun. 

"Jadi kenapa saya berkomentar, karena saya di-mention. Jadi bukan nggak alasan, karena saya di-mention saya jawab mention ini dengan menghaluskan, karena dia kritik dengan gambar. Saya kritik dengan kata-kata bukan dengan gambar bahwa 'kenaikan tarif Candi Borobudur pokoknya kita protes'," jelas Roy.

"Itu yang saya komentar, jadi saya komentar netizen yang lakukan rekayasa kalau saya sebut itu kreatifitas terhadap ini. Makanya saya katakan 'ambyar', kalau ada emoticon itu biasa saya lakukan emoticon biasa. Jadi saya lakukan itu semua tanggal 10 Juni mumpung ini weekend, 10 Juni itu Jumat," lanjut Roy. 

Tak terima dengan penggiringan opini itu, Roy bersama kuasa hukumnya lantas melaporkan 3 akun media sosial ke polisi. Ketiga akun medsos itu yang diduga telah mengunggah awal foto meme patung Buddha Candi Borobudur diedit mirip wajah Jokowi.

"Iya yang dilaporkan itu adalah pengunggah pertama. Yang diketahui oleh kami ada tiga akun," kata kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni.

Baca Juga : 173 CJH Sampang Dilepas Sekda Kabupaten Sampang

Pitra menyebut Roy sudah memberikan penjelasan terkait postingannya yang berasal dari 3 akun media sosial itu. Ia menyebut postingan Roy Suryo menjadi ramai usai ada upaya penggiringan opini yang dilakukan para akun tersebut.

Roy juga menjelaskan terkait alasannya melaporkan ketiga akun medsos tersebut sehingga masyarakat menjadi tergiring opininya oleh ketiga akun medsos itu.

"Saya ada jelas di situ, tapi itu biarlah nanti tim cyber yang berkomunikasi. Saya tidak akan buka di sini, nanti orangnya lari. Jadi biarkan itu diprofiling karena biasanya ada waktu untuk mencari link url-nya," imbuh Roy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
roy suryo unggahan roy suryo

Berita Lainnya