Terbaru Jonggol, Ini 4 Kota di Indonesia yang Juga Pernah Tolak Dakwah UAS | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Terbaru Jonggol, Ini 4 Kota di Indonesia yang Juga Pernah Tolak Dakwah UAS

Jun 17, 2022 08:32
Ustaz Abdul Somad (UAS) (Foto: Instagram)
Ustaz Abdul Somad (UAS) (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Ustaz Abdul Somad (UAS) kembali membuat heboh setelah beredar video di media sosial soal penolakan kedatangan dirinya untuk ceramah di perumahan Citra Indah City, Jonggol.

Video itu menjadi viral di media sosial hingga menimbulkan banyak komentar dari warganet. Warga perumahan Citra Indah City, Jonggol, Jawa Barat menolak kedatangan UAS dalam acara tablig akbar yang seharusnya digelar hari Jumat (17/6/2022).

Baca Juga : Juara MTQ Nasional Beberkan Tips Jitunya di Webinar MTQUB XV 2022

"Kami masyarakat Citra Indah City dengan berat hati menolak UAS untuk datang ceramah di tempat kami sampai batas yang belum ditentukan. Hal ini demi menjaga ketentraman dan marwah yang diajarkan para sesepuh," kata seorang pria yang videonya tersebar di Twitter @Dewie011.

Dalam video itu juga diungkapkan alasan warga menolak kedatangan UAS adalah untuk menjaga kedamaian dan ketentraman. Namun pihak UAS mengatakan bahwa hal tersebut sudah dibicarakan dengan panitia di lokasi tersebut.

Sehingga kemungkinan UAS akan tetap hadir untuk berdakwah di lokasi itu. Sebelum ditolak di kawasan Jonggol, UAS ternyata juga pernah ditolak di 4 kota lainnya di Indonesia, berikut ulasannya: 

1. Yogyakarta

Oktober 2019 silam, UAS mendapat penolakan saat hendak mengisi kuliah umum di Masjid Kampus UGM (Universitas Gadjah Mada). Rencana itu pupus karena izin tidak dikeluarkan oleh pihak rektorat kampus.

Menurut pihak rektorat kampus, penolakan terhadap UAS ini karena banyaknya tekanan dari alumnus. Para alumnus mengatakan bahwa sosok UAS sangat kontroversial dan dikaitkan dengan politik.

Selain ditolak di UGM, UAS juga mendapat tentangan dari pihak keraton Yogyakarta. Di bulan yang sama, UAS yang seharusnya hadir di acara Muslim United oleh Forum Ukhuwah Islamiyah harus mengurungkan rencananya karena tidak ada surat izin penggunaan Kagungan Ndalem Masjid Gedhe Keraton, Ndalem Pengulon dan Alun-alun Utara Sisi Barat.

Saat itu, surat dengan kop Keraton Ngayogyakarta beredar luas hingga viral di media sosial. Hal itu bahkan dibenarkan oleh GKR Condrokirono yang mengatakan bahwa keputusan itu dibuat dengan alasan pertimbangan keamanan.

2. Kudus

Sebelum ditolak oleh UGM, UAS ternyata juga ditolak kehadirannya di Kudus. Kehadiran UAS dalam mengisi acara tablig akbar bertajuk Urip Iku Urup di Kudus harus dibatalkan. 

Acara yang seharusnya digelar di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (Ponpes-ABK) Al Achsaniyyah, Kudus Jawa Tengah itu mendapat penolakan dari pihak pesantren. Alasannya, pihak pondok pesantren membatalkan acara demi kemaslahatan umat.

3. Jepara

Baca Juga : 173 CJH Sampang Dilepas Sekda Kabupaten Sampang

Awal September 2018, UAS seharusnya mengisi acara di Ponpes Al Husna, Mayong, Jepara. Namun acara itu juga harus dibatalkan karena munculnya surat penolakan.

Surat penolakan itu dikeluarkan oleh PC GP Ansor Jepara. Mereka menilai kehadiran UAS karena diduga adanya alasan politik dan keterkaitan dengan ormas.

4. Sumenep

Penolakan kehadiran UAS di Sumenep, Jawa Timur sempat menjadi sorotan. Padahal, UAS dijadwalkan akan ceramah di Masjid Jamik Sumenep, Jawa Timur, Mei 2022. 

Penolakan itu dibeberkan langsung oleh Ketua Cyber Indonesia yang beralasan bahwa kehadiran UAS dianggap sebagai intoleran dan radikalis. Tentangan kehadiran UAS bahkan diiringi dengan beredarnya poster wajah sang ustaz dan mengunggahnya ke laman media sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ustaz Abdul Somad penolakan ustaz abdul somad

Berita Lainnya