Dinas Pendidikan Siapkan Kuota Khusus bagi Pelajar dari Keluarga Pahlawan Kesehatan | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dinas Pendidikan Siapkan Kuota Khusus bagi Pelajar dari Keluarga Pahlawan Kesehatan

Jun 04, 2022 07:42
Suratno Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Banyuwangi (Foto : Nurhadi Banyuwangi TIMES)
Suratno Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Banyuwangi (Foto : Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 di Kabupaten Banyuwangi menerapkan jalur zonasi dengan kuota 50 persen dari jumlah total peserta didik yang diterima di Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Selain itu,  ada jalur prestasi yang sudah untuk SD dan SMP. Sisanya masih ada jalur afirmasi yaitu dari anak-anak berkebutuhan khusus dan dari keluarga yang kurang mampu,” jelas Suratno, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi kepada wartawan media ini di Gedung DPRD Banyuwangi pada Jumat (03/06/2022).

Baca Juga : Gantikan yang Pensiun, Wali Kota Sutiaji Kukuhkan 64 Guru Menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas

Menurut dia, untuk peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu tentunya ada indikator-indikator yang resmi antara lain Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan surat keterangan dari lembaga yang berwenang. Selain itu masih ada perpindahan orang tua.

“Karena masih dalam suasana pandemi, keluarga tenaga kesehatan (Nakes) yang kesulitan mencari sekolah bisa dipertimbangkan untuk bisa diterima tetapi hal itu di luar juknis yang ada,” imbuh Pak Ratno.

Kebijakan yang dilakukan merupakan ungkapan terima kasih terhadap para pahlawan kesehatan yang telah berjibaku dalam menangani wabah Covid 19 di Indonesia umumnya dan Banyuwangi secara khusus.

Suratno menambahkan bagi para orang tua/wali murid yang ingin mendaftarkan putra-putrinya proses PPDB tahun ini akan dimulai bulan Juni 2022 dengan menggunakan sistem online.

Ficky Septalinda, Ketua Komisi IV DPRD Kabuppaten Banyuwangi mengungkapkan pihaknya berharap proses PPDB tahun 2022 dapat berjalan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.”Mulai tahun kemarin harapan kami PPDB berjalan dengan aman lancar dan sukses serta tidak ada masalah dikemudian hari dan sesuai dengan tahapan,” jelasnya kepada JatimTimes di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banyuwangi Jumat (03/06/2022) malam.

Baca Juga : Unikama Berangkatkan 37 Atlet dalam Porsenasma IV 2022, Optimis Borong Prestasi

Selanjutnya terkait kebijakan kuota khusus bagi keluarga Nakes, lanjut dia sesuai dengan penjelasan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi karena masih dalam suasana pandemi, dalam PPDB masih  menyediakan kuota khusus bagi putra-putri Nakes.

“Karena sampai saat ini status masih pandemi rekan-rekan Nakes masih tetap siaga dan bekerja maka baik dan baguslah apresiasi pemerintah bagi putra-putri Nakes untuk mendapatkan sekolah melalui jalur khusus,” pungkas Ficky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kabupaten Banyuwangi suratno

Berita Lainnya