Perpisahan Kapten Hanafi Herlim Setelah 42 Tahun Bertugas | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Perpisahan Kapten Hanafi Herlim Setelah 42 Tahun Bertugas

Apr 16, 2022 11:59
Kapten Hanafi Harlem (sumber gambar: tiktok.com/ @hanafiharlem)
Kapten Hanafi Harlem (sumber gambar: tiktok.com/ @hanafiharlem)

JATIMTIMES - Dewasa ini jagat maya dihebohkan dengan video lama yang diketahui telah viral kembali. Video lama tersebut berisi tentang salam perpisahan Kapten Hanafi Herlim yang telah memiliki waktu terbang selama 42 tahun.

Nama Hanafi Herlim sudah tak asing lagi di dunia penerbangan. Ia adalah pilot senior dari maskapai tersohor Indonesia, Citilink. Sudah 42 tahun lamanya ia menjalani profesi sebagai pilot. Hanafi berharap, karir pilotnya bisa terus berlanjut hingga masa pensiun tiba. Yakni di usia 65 tahun.

Baca Juga : Patah Hati, Bintang Arema FC Putri Shafira Ika Pilih Hengkang

Lulusan sekolah Penerbangan Curug pada tahun 1980 tersebut menjelaskan bahwa perpisahan tersebut merupakan penerbangan terakhir setelah mengantongi jam penerbangan sebanyak 27.700 jam lamanya.

Pada dasarnya Hanafi kali pertama mendaftar dan masuk pendidikan sebagai pilot pada November 1978 dan lulus September 1980. Tidak pernah menduga, akan menjadi pilot. Berkat formulir pendaftaran sekolah penerbangan nyasar di mejanya kelas XII STM, menggerakkan hatinya untuk mendaftar.

Diketahui saat itu dari 20 orang di kelas teknik mesin, hanya ia yang mendaftar menjadi pilot. Teman-temannya memilih mendaftar di Jurusan Mesin Pesawat Udara (RTPU). Kegagalan pada tes pertama yaitu tes kesehatan membuatnya harus berfokus dan konsentrasi pada kesehatnya sehingga pada kesempatan yang lain tes kesehatan tersebut dapat dilewati.

Riwayat menjadi pilot profesionalnya dimulai ketika ia pertama kali lulus dari Sekolah Penerbangan Curug tahun 1980. Lalu bergabung di Maskapai Penerbangan Merpati selama kurun waktu 25 tahun. Dari Merpati, ia lantas bergabung di Indo Air Charter. Pernah terbang ke Dubai, Afghanistan, Nigeria, Libya selama lima tahun. Setelah itu, lanjut bergabung di Maskapai Citilink jalan 10 tahun.

Melansir dari video yang diposting di tiktok oleh akun bernama @hanafiharlem tersebut Ia juga memaparkan bahwa selama dua tahun telah bertugas di Twin Otter, kemudian terbang bersama F-27 kurang lebih selama 3,5 tahun, F-28 selama 4 tahun, F-100 kurang lebih selama 16 tahun, dan terakhir terbang bersama Airbus selama 11 tahun.

Sebagai, informasi video tersebut diunggah pada hari Minggu (16/04/2022) di akun pribadi Kapten Hanafi Herlim. Akun tersebut baru saja memosting satu video namun telah meraih 4,3 juta penonton. Akun yang diketahui memiliki 18,5 ribu pengikut tersebut diserbu para netizen lantaran video perpisahan setelah 42 tahun terbangnya viral. Berbagai tanggapan seperti sedih dan kagum dilontarkan para netizen melalui kolom komentar.

@hulkmannnn menuliskan, "selamat beristirahat capt, enjoy your new journey. you've done a great job. terima kasih telah menjadi captain yang hebat!. dan sehat selalu."

Baca Juga : Ide Menu Sahur Ala Nagita Slavina dan Chef Renata, Sehat dan Mengenyangkan

@poeticpicture berkomentar, "Halo Capt! Saya sering terbang bersama Anda Capt. pernah wawancara juga. Kesan saya setiap terbang bersama capt, selalu tepat waktu."

"Selamat ya Capt Hanafi Herlim, bapak telah menyelesaikan pekerjaan dgn sukses dan selamat tanpa kekurangan suatu apapun, GBU," tulis akun @taurusboycoolabiz.

"Capt dedikasi yg membuat air mata saya juga mengalir. Selamat menikmati masa pensiun bahagia selalu ya capt bersama keluarga," tulis akun @triadinata91.

Akun @iniristamorita menuliskan, "Selamat Purna Bakti Capt Hanafi sehat Dan Bahagia terus dengan Istri anak dan cucu"yang lucu kereen bangeet capt,".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
hanafi herlim pilot hanafi herlim

Berita Lainnya