Mau Masuk Perguruan Tinggi lewat SBMPTN? Simak Jadwal dan Persyaratannya | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Mau Masuk Perguruan Tinggi lewat SBMPTN? Simak Jadwal dan Persyaratannya

Mar 02, 2022 15:40
Ilustrasi UTBK SBMPTN (pixabay)
Ilustrasi UTBK SBMPTN (pixabay)

JATIMTIMES - Para calon mahasiswa yang ingin masuk  perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022 perlu menyimak jadwal ini.

Jadwal pendaftaran melalui jalur SBMPTN dimulai pada 23 Maret hingga 15 April 2022. Jadwal ini dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca Juga : Lewat Manajemen Pemasaran Online, Tim Dosen Unikama Dorong Peningkatan Omzet Pelaku UMKM di Kendalpayak

Kasubag Humas dan Kearsipan Universitas Brawijaya Kotok Gurito SE menyampaikan bahwa jadwal lengkap Universitas Brawijaya bisa dilihat langsung pada situs ltmpt.ac.id,. Selain itu, pada situs tersebut juga bisa dilihat berapa kuota yang diterima UB melalui jalur ini.

"Di situ (ltmpt.ac.id) ada semua, mulai dari jadwal, kuota dan persyaratannya," ucapnya.

Setelah jadwal pendaftaran, kemudian dilaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang I pada 17 - 23 Mei 2022. Selanjutnya, pelaksanaan UTBK gelombang II pada tanggal 28 Mei - 03 Juni 2022. Dilanjutkan pengumuman Hasil SBMPTN pada tanggal 23 Juni 2022. Untuk masa unduh sertifikat UTBK, pada 25 Juni-31 Juli 2022.

Materi UTBK terdapat tiga hal. Yakni, tes potensi skolastik (TPS), tes kemampuan bahasa Inggris dan tes kemampuan akademik (TKA). Kemudian, setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu kali kesempatan tes. Hasil tes setiap peserta akan diberikan hasil tes secara individu.

Sementara itu, persyaratan untuk mengikuti seleksi melalui SBMPTN di antaranya adalah memiliki akun LTMPT yang sudah permanen;  siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus memiliki surat keterangan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 atau peserta didik paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022);  surat Keterangan siswa Kelas 12 disertai dengan foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, tanda tangan kepala sekolah dan siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan paket C tahun 2020 dan 2021 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).

Kemudian, bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan;  tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022. 

Baca Juga : Teganya Polisi Pangkat AKBP Perkosa Pembantu, Korban Masih SMP

Selanjutnya  untuk persyaratan tes, peserta yang akan memilih prodi saintek maka mengikuti TPS, bahasa Inggris, dan TKA saintek;  peserta yang akan memilih prodi soshum, maka mengikuti TPS, bahasa Inggris, dan TKA soshum; dan peserta yang akan memilih prodi campuran (saintek dan soshum), maka mengikuti TPS, bahasa Inggris, TKA saintek dan TKA soshum.

Khusus program studi kedokteran dan kedokteran gigi hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja. Syarat lainnya, siswa memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Sedangkan, bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah surat pernyataan tunanetra. Terakhir, membayar biaya UTBK melalui Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
SBMPTN ujian SBMPTN

Berita Lainnya