Serius Urusi Pendidikan, Bupati Banyuwangi tidak Ingin Ada Anak Putus Sekolah | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Serius Urusi Pendidikan, Bupati Banyuwangi tidak Ingin Ada Anak Putus Sekolah

Feb 28, 2022 16:35
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menyerahkan beasiswa bidang pendidikan di Lapangan Tenis Indoor Kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi,   Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menyerahkan beasiswa bidang pendidikan di Lapangan Tenis Indoor Kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi, Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

JATIMTIMES – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta semua pihak turut berperan aktif mendukung program AKSARA (Akselerasi Sekolah Masyarakat). Salah satunya dengan menjadi keluarga asuh. Apabila menemukan anak putus sekolah atau warga yang pendidikannya SMP ke bawah supaya melaporkan ke desa/Satkorwildik. Atau membantu mendaftarkan ke PKBM atau Kelompok Belajar (Pokjar) terdekat.

“Ini adalah upaya kita untuk percepatan peningkatan HLS dan RLS, penanganan anak putus sekolah juga terus dilakukan dengan target sehingga tidak ada anak putus sekolah di Banyuwangi,” jelas Bupati Ipuk pada saat membuka Musrenbangcam Kabupaten Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Cegah Perceraian Dini, LDII Banyuwangi Bekali Ratusan Generasi Muda Psikologi Hadapi Pernikahan

Menurut dia untuk bidang pendidikan, Harapan Lama Sekolah (HLS) Kabupaten Banyuwangi tahun 2021 sebesar 13,1 tahun, artinya lamanya sekolah yang diharapkan akan dirasakan oleh anak Banyuwangi di masa mendatang adalah selama 13,1 tahun atau setara D2.

Kondisi tersebut meningkat 0,3 tahun dibanding Tahun 2020 sebesar 12,8 tahun. Harapan lama sekolah (HLS) terendah : Kecamatan Glagah, Kecamatan Tegaldlimo, Kecamatan Kabat, lanjut dia.

Sedangkan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Banyuwangi tahun 2021 sebesar 7,42 tahun, artinya rata-rata penduduk Banyuwangi yang berusia 25 tahun ke atas telah menempuh pendidikan setara kelas 8 SLTP. “ Kondisi ini meningkat 0,26 tahun dibanding Tahun 2020 sebesar 7,16 tahun. Rata - rata lama sekolah terendah : Kecamatan Kalipuro, Kecamatan Tegaldlimo, Kecamatan Kalibaru,” jelas Bupati Ipuk.

Lebih lanjut dia menuturkan beberapa kali melakukan sidak mengunjungi sekolah – sekolah  menemukan fakta lingkungan sekolah, ruang UKS, perpustakaan dalam kondisi kotor, tidak terawat.

“Saya tidak mau ini terjadi lagi, para kepala sekolah, guru-guru lebih peduli lah pada lingkungan tempat beraktivitas. Ajarkan pada anakanak kita untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Para koordinator Satkorwildik, camat untuk sering-sering ke lapangan, monitoring sekolah-sekolah untuk memberikan evaluasi, jangan sampai muncul di media ada bangunan sekolah rusak atau ambruk yang tidak terdeksi,” pungkasnya.

Sementara Suratno, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi kepada Jatim Times melalui sambungan Handphone (HP) pada Senin (28/02/2022) mengungkapkan dunia pendidikan Banyuwangi saat ini sedang konsentrasi untuk meningkatkan rata- rata lama sekolah  dan harapan lama sekolah warga melalui program Akselerasi Sekolah Masyarakat (AKSARA).

Baca Juga : Yuk Simak Podcast Sehat RSI Unisma, Ada Tips Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak dari Dokter Spesialis

 “Program Aksara membutuhkan dukungan dan peran serta semua elemen masyarakat karena sasarannya penduduk yang berusia 20 tahun ke atas,” jelas Suratno.

Selanjutnya menanggapi pernyataan Bupati Banyuwangi terkait  beberapa sekolah yang dinilai tidak siap saat melaksanakan Inspeksi mendadak (Sidak), lanjut Suratno, pihaknya sedang melakukan revitalisasi sarana sekolah dalam rangka menciptakan sekolah yang nyaman, sehat dan berbudaya akademik dengan fokus pada pengelolaan perpustakaan, UKS, Ruang BK untuk SMP dan Toilet Bersih.

“Selain terus mendorong kualitas layanan pendidikan kami juga sedang merancang lomba lingkungan sekolah sehat dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. Untuk pelaksanaan kami usahakan secepatnya dan Bidang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SD/SMP) terus melakukan persiapan,” imbuh pejabat asal Genteng itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani

Berita Lainnya