359 Mahasiswa IAIDA Darusalam Blokagung Banyuwangi Ikuti Wisuda Sarjana ke-17 | Banyuwangi Times
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

359 Mahasiswa IAIDA Darusalam Blokagung Banyuwangi Ikuti Wisuda Sarjana ke-17

Feb 19, 2022 17:51
Peserta Wisuda Sarjana ke 17 IAIDA Darusalam Blokagung mendapat ucapan selamat dari Abdul Halim Iskandar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Humas IAIDA Blokagung for Jatim Times)
Peserta Wisuda Sarjana ke 17 IAIDA Darusalam Blokagung mendapat ucapan selamat dari Abdul Halim Iskandar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Humas IAIDA Blokagung for Jatim Times)

JATIMTIMES -  359 mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) di Institut Agama Islam Darusalam (IAIDA) Blokagung Banyuwangi dinyatakan lulus sarjana Strata 1 (S1) dan mengikuti prosesi wisuda sarjana yang ke-17 di Kampus IAIDA Darusalam Blokagung Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) Sabtu (19 /2/ 2022).

Rektor IAIDA Darusalam Blokagung Ahmad Munib Syafa'at  dalam pidatonya memberikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang lulus dan berhak menyandang predikat Sarjana Strata 1 (S1) pada tahun 2022.

Baca Juga : Din Syamsuddin Bakal Buat Partai Politik Berlatar Belakang Nasionalis Religius

Adapun rincian peserta wisuda IAIDA Darusalam Blokagung tahun ini terdiri dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 135 orang, Program Studi  Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 30 Wisudawan dan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) 11 peserta. Selanjutnya 38 wisudawan/wisudawati dari Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Prodi Ekonomi Syari'ah (ESy) 61 Wisudawan dan Prodi Perbankan Syariah (PSy) 17 Wisudawan serta 32 Wisudawan dari  Prodi Tadrus Bahasa Inggris Indonesia (T. Bin)..

“Dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, wisuda ke-17 tahun 2022 ini jumlahnya  meningkat. Bahkan tahun ini lulusan IAIDA Blokagung sebagian adalah 30 mahasiswa penerima beasiswa Madrasah Diniyah (Madin) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Jatim  yang merupakan ustaz dan ustazah utusan Madin Kabupaten Banyuwangi,” jelas Ahmad Munib Syafa'at yang akrab di sapa Gus Munib.

Selanjutnya dia menuturkan, pembangunan kampus IAIDA Darusalam Blokagung Gedung B telah selesai dan telah diresmikan kemarin. Kampus baru (Gedung B) yang berlokasi di Dusun Sumberkembang Barat, Desa Karangmulyo, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi berjarak sekitar 5 kilometer dari gedung A (rektorat).

Rencananya bangunan baru  akan diprioritaskan untuk program studi (S1) Tadris atau Pendidikan Islam, (S1) Tadris atau Ilmu Pengetahuan Alam(IPA), (S1) Tadris atau Pendidikan Matematika. Mengakomodir lulusan Madrasah Aliyah di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung dan sekolah menengah di sekitarnya.

Selain itu pihaknya juga membuka Program Studi Strata 2 (S2) Managemen Pendidikan Islam dalam upaya mengakomodir lulusan S1 Manegemen Pendidikan Islam yang merupakan Prodi terbesar di IAIDA Blokagung. Bahkan banyak alumni Blokagung yang menjadi pengelola pondok pesantren, madrasah dan sekolah di Banyuwangi maupun di kabupaten / kota yang lain.

Agenda Wisuda ke-17 yang digelar di halaman kampus IAIDA Darusasalam Blokagung tersebut dihadiri dan diikuti oleh semua Senat, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Prodi, Dosen, Para staf, dan seluruh karyawan. Karena dalam masa pandemi pelaksanaan kegiatan wisudawa dilakukan dengan menerapkan disiplin dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang ditetapkan oleh Satgas Penanggulangan Covid -9..

Dalam acara tersebut pihak kampus juga menyampaikan pengumuman tahun ini ada 176 mahasiswa IAIDA Darusasalam Blokagung yang mendapatkan beasiswa.

Baca Juga : Masuk PPKM Level 2, Lumajang Tetap Lakukan PTM

”Jumlah penerima beasiswa  tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang  berjumlah 162 mahasiswa,” imbuhnya.

Selain itu Gus Munib menambahkan untuk pengembangan ke depan IAIDA Darusasalam Blokagung sudah menyiapkan lahan untuk kampus baru seluas 5,5 hektare. Tidak kalah penting saat ini IAIDA Darusasalam Blokagung juga sedang berproses beralih status menjadi Universitas. 

“Dengan jumlah mahasiswa saat ini 1.719 tentu kami berharap IAIDA mampu  bersaing dengan perguruan tinggi lain di kancah nasional maupun internasional. Selain itu juga terus aktif berkiprah mengabdi kepada masyarakat melalui program pengabdian pada masyarakat,” pungkas Gus Munib.

Para wisudawan  IAIDA Darusasalam Blokagung  mendapat ucapan selamat melalui teleconference dari Abdul Halim Iskandar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
IAIDA Blokagung wisuda mahasiswa iaida blokagung

Berita Lainnya