Banyuwangi Berupaya Ubah Wajah Perpustakaan jadi Lebih Menyenangkan | Banyuwangi Times

Banyuwangi Berupaya Ubah Wajah Perpustakaan jadi Lebih Menyenangkan

Jan 14, 2022 18:18
Zen Kostolani, Kepala Dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)
Zen Kostolani, Kepala Dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)

JATIMTIMES- Peluncuran “Banyuwangi Rebound”, menjadi pemicu semangat dan motivasi bagi semua elemen masyarakat untuk memberikan yang terbaik bagi Banyuwangi, termasuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Zen Kostolani, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi langkah awal yang dilakukan adalah meningkatkan jumlah anggota dan jumlah kunjungan siswa maupun masyarakat umum untuk membaca di Perpustakaan Banyuwangi.

Baca Juga : Ini Kata Gus Baha soal Sesajen yang Merupakan Tradisi Leluhur 

 

Dalam upaya menarik minat baca di perpustakaan, lanjut Zen pihaknya ingin menciptakan suasana yang nyaman untuk membaca termasuk di perpustakaan ini. “Kami sudah diskusi dengan Dinas PU terkait rencana mengubah wajah perusahaan yang lebih nyaman dan menyenangkan. Gambar sudah dirancang oleh PU cuma untuk realisasinya juga mempertimbangkan kemampuan keuangan daerahm,” jelas Zen di kantornya pada Jumat (14/01/2022).

Dia menuturkan dalam waktu dekat pihaknya akan segera membuat cafe literasi sebagai upaya menjaring warga yang suka nongkrong-nongkrong dan menyiapkan beragam buku termasuk menjaring mereka supaya menjadi anggota perpustakaan Banyuwangi.

“Dalam momen tertentu bagi mereka yang memiliki kartu anggota perpustakaan akan ada diskon 20 persen di cafe literasi itu terkait dengan mungkin minum kopi teh dan lain sebagainya,” imbuh mantan Kepala Dispora Banyuwangi itu.

Dia berencana memanfaatkan kontainer yang ada di halaman Stadion Diponegoro yang dinilai pasif dan kurang termanfaatkan oleh pengunjung.  Dinas Perpustakaan akan memodifikasi kontainer tersebut menjadi cafe literasi yang akan ditempatkan di salah satu pojok kantor.

“Ke depan kemungkinan akan menjalin kerjasama dengan pengusaha kafe atau mungkin dikerjakan secara mandiri sendiri. Antara lain dengan menyiapkan aneka makanan dan minuman bagi mereka harapannya kemampuan bacanya meningkat dan rentang waktunya tambah lama,” tambah Zen.

Baca Juga : Bupati Lamongan Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan 

 

Selain itu pihak perpustakaan juga berusaha melakukan pengukuran secara kontinyu perubahan jumlah anggota perpustakaan, kunjungan dan peminjaman buku, jenis buku yang sudah dibaca maupun rentang waktu pengunjung dalam membaca di perpustakaan.

Selanjutnya Zen menambahkan salah satu indikator peradaban bangsa yang besar pasti akan ditandai dengan tinggi rendahnya budaya baca masyarakat. Kemudian adanya museum atau literasi yang ada di tempat itu.

“Kami sudah pernah komunikasi dengan Sekda terkait rencana mengubah wajah perpustakaan ini supaya lebih menarik. Karena perpustakaan adalah hal yang penting dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada,” pungkasnya.

Topik
perpustakaan kabupaten banyuwangi Pemkab Banyuwangi cafe literasi

Berita Lainnya