Doa serta Cara agar Haid Cepat Keluar dan Siklus Bisa Teratur | Banyuwangi Times

Doa serta Cara agar Haid Cepat Keluar dan Siklus Bisa Teratur

Jan 13, 2022 08:37
Ilustrasi (Foto: Inside Arabia)
Ilustrasi (Foto: Inside Arabia)

JATIMTIMES - Menstruasi atau haid merupakan salah satu kodrat wanita. Biasanya, saat haid, wanita akan merasakan perut kram. Hal itu disebut-sebut sebagai darah kotor yang menggumpal sehingga susah keluar. 

Nah, terdapat doa agar haid cepat keluar bagi Muslimah.  Namun doa itu sebenarnya tidak ada secara khusus yang tercantum dalam Alquran maupun hadis. Tetapi, secara umum ada doa yang ditujukan untuk kesembuhan suatu penyakit. 

Baca Juga : Cara Membuat Akun WhatsApp Ganda dalam Satu HP, Tidak Perlu Beli HP Baru!

Dan kita bisa memakai doa ini untuk meminta kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam proses haid atau siklus bulanan kaum hawa ini.

Salah satu doa umum untuk kesembuhan suatu penyakit ada dalam Surat Al-Anbiya Ayat 83, yaitu permohonan dari Nabi Ayub Alaihissalam kepada Allah.

Berikut bunyi ayatnya:

 رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ 

"Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin."

Artinya :"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang." (QS Al-Anbiya :83)

Selain ayat tersebut, ada pula hadis sahih riwayat Bukhari tentang permohonan doa kesembuhan dari rasa sakit, yakni sebagai berikut: 

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا 

Baca Juga : Praktekkan 5 Cara Mengetahui Kontak WhatsApp Diblokir Ini, Sangat Mudah!

"Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman."

Artinya: "Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit." [HR Bukahari]. 

Di atas merupakan doa yang secara umum untuk meminta kesembuhan dari penyakit. Di samping itu, kita sebenarnya bisa meminta doa untuk memperlancar haid secara langsung dengan menggunakan bahasa kita sendiri.  Sebab, hakikatnya Allah SWT mengetahui apa lun doa yang kita ucapkan. Jangankan doa, isi hati kita saja Allah mengetahuinya. 

Selain doa, Muslimah juga butuh ikhtiar agar haid cepat keluar. Berikut beberapa cara agar haid bisa cepat keluar dan siklusnya bisa teratur: 

1. Istirahat yang cukup penyebab haid tidak keluar umumnya karena stres pikiran dan kelelahan fisik, sehingga obat mujarab untuk mengatasinya yakni istirahat yang cukup. 
2. Banyak minum air putih 
3. Minum air kelapa 
4. Konsumsi kunyit 
5. Konsumsi vitamin C 
6. Kompres atau mandi air hangat 
7. Terapkan pola hidup sehat

Topik
Doa saat Haid Amalan doa Doa kesembuhan

Berita Lainnya