Cara Ampuh Diet dengan Jagung, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan | Banyuwangi Times

Cara Ampuh Diet dengan Jagung, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan

Oct 10, 2021 10:21
Ilustrasi. (Foto: iStockphoto/Ildar Imashev).
Ilustrasi. (Foto: iStockphoto/Ildar Imashev).

JATIMTIMES - Siapa yang tak kenal dengan jenis makanan satu ini. Bentuknya yang bisa dipipih berwarna kuning atau orange yakni jagung, kiranya cukup disukai oleh masyarakat tanah air.

Ada yang mengonsumsi dengan direbus, dimasak dengan sayur, dibakar, hingga diserut. Cita rasanya yang manis dan gurih banyak disukai orang. Namun, diluar dari itu, jagung memiliki kandungan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Baca Juga : Pandemi Covid-19 Berpotensi Ganggu Kesehatan Mental, Tips Hidup Sehat Ala Dokter RSI Unisma ini Bisa Dicoba

Melansir dari berbagai sumber, tiap 100 gram jagung mengandung 96 kalori, 73 persen, 3,4 gram protein, 21 gram karbohidrat, 4,5 gram gula, 2,4 gram serat, dan 1,5 gram lemak.

Kandungan nutrisi dalam jagung membuat makanan yang masuk dalam kategori biji-bijian ini memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja ya?

1. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jagung rupanya bisa untuk menurunkan berat badan lho, jadi makanan ini cocok buat kalian yang tengah diet.

Hal ini karena, jumlah protein dalam jagung lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa sayuran lain. Sehingga seringkali dijadikan makanan sumber protein bagi para vegetarian dan vegan.

Kandungan protein inilah yang menjadikan makanan ini cocok dijadikan sajian diet, karena kaya protein yang sehat dan mengurangi rasa lapar atau membantu tubuh membakar kalori ekstra.

2. Melindungi dari Berbagai Penyakit

Dilansir dari WebMD, jagung juga salah satu makanan yang kaya akan vitamin c. Dimana, kandungan ini merupakan salah satu antioksidan terbaik.

Antioksidan dalam jagung dapat melindungi sel tubuh manusia dari kerusakan dan berbagai penyakit, seperti kanker dan jantung.

3. Mengurangi Risiko Sembelit

Kandungan serat dalam jagung rupanya memiliki manfaat bagi tubuh. Dituliskan dalam Medical News Today, jagung dapat membantu pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

Bahkan, dalam sebuah studi besar pada 2011 lalu, ditemukan korelasi antara asupan serat makanan dalam jagung dan risiko kematian dini yang lebih rendah, terutama dari penyakit kardiovaskular, infeksi, dan pernapasan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Baca Juga : PKB Jatim Sasar Vaksinasi di Pedesaan

Selain vitamin C, kandungan dalam jagung juga mengandung vitamin untuk menjaga kesehatan mata. Yakni, berupa lutein, karotenoid dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi mata untuk mengurangi risiko penyebab kebutaan, seperti makula dan katarak.

Tingkat karotenoid dalam darah dapat berkaitan dengan dengan penurunan risiko degenerasi makula dan katarak.

Dalam sebuah studi pada 356 orang dewasa paruh baya dan lebih tua ditemukan adanya pengurangan 43 persen dalam risiko degenerasi makula pada mereka yang memiliki asupan karotenoid tertinggi, terutama lutein dan zeaxanthin.

5. Menjaga Kesehatan Usus

Memiliki kandungan serat, jagung mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan lainnya.

Selain itu, serat jagung mampu menjaga bakteri baik di saluran pencernaan. Sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker usus besar.

6. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan yang ada dalam jagung dapat memasok sekitar 10 kali vitamin A lebih banyak dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Kandungan tersebut, dapat mendukung sistem kekebalan tubuh manusia dan melindungi. Vitamin A dalam jagung juga berfungsi untuk mencegah penurunan kognitif pada manusia.

Topik
Jagung manfaat jagung jagung untuk diet sajian diet

Berita Lainnya