Jembatan Tlogomas Segera Dibangun, sudah Tahap Lelang Total Biaya Rp 44,8 Miliar | Banyuwangi Times

Jembatan Tlogomas Segera Dibangun, sudah Tahap Lelang Total Biaya Rp 44,8 Miliar

Jun 04, 2021 12:48
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang rupanya tak mau berlama-lama untuk segera merealisasikan pembangunan Jembatan Tlogomas. Rencananya, Juli 2021 mendatang pengerjaan konstruksi jembatan yang bakal menjadi jalur alternatif dari Jl Raya Tlogomas ke Jl Saxophone atau sebaliknya itu dimulai.

Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Malang, per 25 Mei 2021 lalu lelang Jasa Konstruksi untuk Jembatan Tlogomas sudah diumumkan. Pagu anggarannya dipatok senilai Rp 44,54 miliar.

Baca Juga : Restribusi Parkir Tepi Jalan Kota Batu Masih 1,4 Persen

 

Sebelumnya 5 Mei 2021 lalu juga telah dilakukan lelang jasa konsultan Jembatan Tlogomas dengan pagu anggaran Rp 304 juta. Dengan demikian, dari dua pengadaan ini (jasa konsultan dan konstruksi) anggaran yang disiapkan Kota Malang totalnya kurang lebih Rp 44,8 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Hadi Santoso mengatakan, dari hasil tersebut proses penentuan pemenangnya diharapkan bisa dilakukan secara bersamaan. Sehingga, proses pengawasan atau konsultasi dan pekerjaan konstruksinya dapat berjalan optimal.

"Memang pengadaan jasa konsultan dan konstruksi kita inginkan dapat pemenangnya bersamaan. Nanti biar kerjanya sejalan bareng. Ini semua masih proses," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Soni ini menjelaskan, jika proses lelang usai, Juli 2021 mendatang proses konstruksi bisa mulai dikerjakan. Sebab, jembatan yang dibangun untuk mengurai kemacetan di wilayah barat Kota Malang ini ditarget rampung akhir tahun ini.

Nantinya, struktur rangka konstruksi jembatan dibuat standar dengan struktur baja. Rencananya, jembatan ini akan dibangun dengan panjang 100 meter dan lebar 14 meter.

Baca Juga : Naik dari Tahun Lalu, DBH CHT Kabupaten Malang 2021 Rp 80 Miliar

 

Tak hanya itu, pembangunan jembatan penghubung ini rencananya juga bakal dibarengi dengan pelebaran-pelebaran jalan di area sekitar guna menunjang akses jembatan Tlogomas.

"Konstruksinya sama bahannya dengan Jembatan Kedungkandang pakai baja. Untuk pelebaran-pelebaran jalan di sekitar jembatan itu juga dilakukan nanti. Mudah-mudahan anggarannya bisa diusulkan di PAK nanti," pungkasnya.

Topik
Berita Malang Jembatan Tlogomas LPSE Kota Malang Hadi Santoso

Berita Lainnya