Anggota DPR RI Sonny Lakukan Sosialisasi Program UMi | Banyuwangi Times

Anggota DPR RI Sonny Lakukan Sosialisasi Program UMi

Jun 02, 2021 15:45
Sonny T. Danaparamita (Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan) saat melakukan sosialisasi Program UMi di Hotel Tanjungasri Banyuwangi (Istimewa)
Sonny T. Danaparamita (Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan) saat melakukan sosialisasi Program UMi di Hotel Tanjungasri Banyuwangi (Istimewa)

BANYUWANGITIMES - Sonny T Danaparamita anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan melakukan kegiatan sosialisasi manfaat dan tujuan dari pembentukan Program Integrasi/Sinergi Ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ultra Mikro (UMi) kepada para pelaku usaha mikro dan ultra mikro di Hotel Tanjungasri Banyuwangi, Jawa Timur bertepatan dengan peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni.

Sebagai Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) III (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso), Sonny berusaha maksimal untuk terlibat langsung terhadap perkembangan berbagai program pemerintah. Sekaligus memastikan tingkat kemanfaatan yang diterima oleh masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro dan ultra mikro (UMi).

Baca Juga : Varietas Padi Suppadi dari Desa Padang, Bisa Tembus 12 Ton per Hektar

"Kami ingin berkolaborasi dengan BRI, PNM dan Pegadaian supaya seluruh Relawan Rumah DE GIRI, Anggota LSM Satu Tumpah Darah dapat terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Kami juga sengaja melaksanakan kegiatan ini berbarengan dengan peringatan Hari Lahirnya Pancasila karena kami ingin gotong royong  menjadi spirit dari ketiga BUMN dalam melaksanakan program ini,” ujar Legislator asal PDI Perjuangan tersebut.

Selanjutnya, dia menuturkan pemerintahan Jokowi punya komitmen yang sangat kuat dalam memajukan para pelaku UMKM yang ada. Terbukti berbagai bantuan telah diberikan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dan sinergi ekosistem BUMN ultra mikro ini diharapkan akan semakin memperbesar akses permodalan sekaligus terwujudnya digitalisasi data bagi pelaku usaha mikro dan ultra mikro (UMi).

“Sebagai anggota Komisi VI DPR RI yang bermitra dengan kementerian BUMN, saya mendukung penuh setiap upaya pemerintah dalam memajukan kesejahteraan rakyat yang bermuara pada menguatnya perekonomian nasional,” tandas tokoh yang saat ini menjadi Ketua DPP Persatuan Alumni GMNI. 

Narasumber dalam acara Sosialisasi Program UMi di Banyuwangi adalah Yohanes (Deputi Pegadaian Jember), Budi Susilo (Pimpinan Cabang PNM Banyuwangi), Domy Priya Utama (Manajer Pemasaran Mikro BRI Cabang Banyuwangi).

Masing-masing narasumber memaparkan materi terkait program sinergi/integrasi BUMN ultra mikro. Termasuk berbagai layanan dari BRI, PNM dan Pegadaian tentang pembiayaan, permodalan dan investasi yang dapat diakses oleh para pelaku usaha mikro dan ultra mikro.

Menurut Syaiful Nor Hakim Ketua Panitia Sosialisasi Program Umi, pihaknya menyampaikan terima kasih atas kehadiran anggota DPR RI, para pimpinan BUMN dan seluruh peserta yang mayoritas adalah pelaku usaha mikro dan ultra mikro di Kabupaten Banyuwangi.

"Kami berharap, dengan adanya kegiatan semacam ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro dan ultra mikro mengenai program-program pemerintah yang terintegrasi untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro dan ultra mikro serta mendukung program percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujar Syaiful Nor Hakim.

Baca Juga : Joman Jatim Realisasikan Percepatan Program Kebangkitkan Sektor Wisata dan Ekraf

Salah satu peserta sosialisasi Akyl Gilang, pelaku industri pakan ternak menuturkan, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi Program Integrasi/Sinergi Ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ultra Mikro (UMi) yang digelar pada hari lahir Pancasila tersebut.

Menurut Gilang, para pelaku usaha mikro dan ultra mikro membutuhkan informasi yang utuh dan lengkap tentang berbagai hal dalam memanajemen industri. 

"Kami bersemangat mengikuti kegiatan ini, selain mendapatkan info-info baru tentang akses pembiayaan dan investasi dari BUMN, juga karena semangat kebersamaan dan gotong-royongnya yang kental banget", jelasnya.

Acara yang menghadirkan 100 pelaku usaha mikro Banyuwangi mendapatkan respon positif dari para peserta. Hal tersebut terbukti suasana yang hidup dalam sesi dialog interaktif.

Dalam sesi yang dipandu  oleh Erik Trisdiantana selaku moderator sekaligus Direktur Rumah DE GIRI (DEmokrasi, Gagasan, dan InspiRasI - Rumah Aspirasi Sonny T. Danaparamita) tersebut peserta terlihat antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber Sosialisasi Program Umi.

Topik
Sonny T Danaparamita Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PDI Perjuangan program integrasi sinergi ekosistem bumn ultra mikro Berita Banyuwangi

Berita Lainnya