Sempat Langka, Gas Elpiji 3 Kg di Bondowoso Kini Terkendali | Banyuwangi Times

Sempat Langka, Gas Elpiji 3 Kg di Bondowoso Kini Terkendali

May 27, 2021 19:03
Pj Sekda Bondowoso Soekaryo (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Pj Sekda Bondowoso Soekaryo (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

BONDOWOSOTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso membentuk Satuan Tugas (Satgas) pengawasan gas elpiji saat bulan ramadan lalu. Kinerjanya terus dimasifkan untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji 3 Kg. 

Pj Sekretaris Daerah Bondowoso Suekaryo mengungkapkan, kelangkaan gas elpiji 3 Kg di Kabupaten Bondowoso saat ini mulai terkendali. Soekaryo juga mengatakan, jika tim satgas bergerak cepat dengan mengirim surat kepada Pertamina terkait pemberlakuan zonasi pendistribusian.

Baca Juga : Pemerintah Berupaya Kuatkan Ketahanan Pangan Sekaligus Tingkatkan Kesejahteraan Petani

"Alhamdulillah, kemarin itu Ramadan terkendalikan. Sekarang sudah posisi aman. Stoknya tercukupi sekarang," ucapnya saat dikonfirmasi, Kamis (27/5/2021).

Sementara itu, Kabag Perekonomian Aris Wasiyanto menguraikan, jika Satgas memerintahkan para agen untuk memasang spanduk Harga Eceran Tertinggi (HET) agar masyarakat mengetahui harga sebenarnya.

"Jadi ada manfaatnya dengan gerakan yang dilakukan satgas," imbuhnya. 

Adapun di tingkat pangkalan, mereka juga wajib melayani masyarakat sesuai HET dan tidak melayani pembelian berlebihan yang menyebabkan kelangkaan.

"Sekarang sudah kembali normal ya. Kalau kemarin kan panic buying selama Ramadan. Banyak yang membuat kue dan lain sebagainya," paparnya.

Baca Juga : Ritual Adat Warga Osing Banyuwangi saat Terjadi Gerhana Bulan

Sementara mengenai komitmen Pemkab Bondowoso untuk meniadakan pengecer gas bersubsidi, Aris mengaku sulit diberikan sanksi. Karena menurutnya, status pengecer tidak diatur dalam tata niaga layaknya agen dan pangkalan.

"Kita batasi saja. Jadi pangkalan itu membatasi penjualan kepada pengecer. Jangan sampai berlebihan lah," tutupnya.

 

Topik
gas elpiji subsidi gas elpiji subsidi bondowoso gas elpiji langka Pj Sekda Bondowoso zonasi pendistribusian gas subsidi

Berita Lainnya