Ganip Warsito, Letjen TNI yang Resmi Dilantik Jokowi Jadi Kepala BNBP Gantikan Doni Monardo | Banyuwangi Times

Ganip Warsito, Letjen TNI yang Resmi Dilantik Jokowi Jadi Kepala BNBP Gantikan Doni Monardo

May 25, 2021 11:17
Letjen Ganip Warsito (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Letjen Ganip Warsito (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

INDONESIATIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Letjen Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Letjen Ganip Warsito kini resmi menggantikan Letjen Doni Monardo yang telah memasuki masa pensiun.

Pelantikan tersebut dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021). Turut hadir pula dalam pelantikan itu yakni Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Baca Juga : Pansus Dewan dan Eksekutif Finalisasi Raperda Retribusi Perijinan Tertentu

Pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Prosesi pelantikan Ganip ini diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya serta pembacaan keputusan presiden. Kemudian, rohaniwan mendampingi Ganip saat pembacaan sumpah jabatan yang dipandu oleh Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada nusa dan bangsa. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Ganip yang dipandu Jokowi.

Profil Letjen Ganip Warsito

Ganip lahir di Magelang pada 23 November 1963. Ia merupakan lulusan Akmil 1996. Awal karir karier militernya, ia ditempatkan di Yonif 527/ Baladibya Yudha. Saat berpangkat mayor jenderal, Ganip pernah menjabat sebagai Pangdam XII/Merdeka pada 2016 sampai 2018. 

Lalu ia menjadi jadi Asops Panglima TNI pada 2019. Sebelum menjadi Kasum TNI, Ganip menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III.  Markas Kogabwilhan III berada di Biak, Papua, dengan wilayah meliputi Pulau Maluku dan Pulau Papua. Beberapa kali Ganip diketahui terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. 

Baca Juga : Tahun 2021 Pemkab Pamekasan Targetkan 1.600 Orang Jadi Pengusaha Baru

Seperti yang terjadi pada 11 Februari 2021, Ganip yang telah menjabat sebagai Kasum TNI, turut serta melepas tenaga kesehatan Polri yang bertindak sebagai vaksinator dan tracer. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Topik
Presiden Jokowi Kepala BNPB Doni Monardo doni monardo diganti Brigjen TNI Ganip Warsito jokowi lantik ganip kepala bnpb baru

Berita Lainnya