8 Desa di Banyuwangi Gelar Pilkades Serentak | Banyuwangi Times

8 Desa di Banyuwangi Gelar Pilkades Serentak

May 21, 2021 13:07
M Norawi, Kabag Tata Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi (Nurhadi/BanyuwangiTIMES)
M Norawi, Kabag Tata Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi (Nurhadi/BanyuwangiTIMES)

BANYUWANGITIMES - Pada tahun ini, 8 (delapan) desa dari 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Banyuwangi dijadwalkan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, tepatnya pada 11 Agustus 2021 mendatang.

Ditemui wartawan media ini di kantornya, Kamis (20/5/2021) sore, M Norawi Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Desa (Tapemdes) Kabupaten Banyuwangi mengungkapkan secara umum pelaksanaan pilkades serentak di wilayah Banyuwangi sudah siap. Tahapan pelaksanaan setelah pelantikan KPPS mulai Rabu (19/5/2021) lalu sudah mulai tahap pendaftaran calon selama 9 hari.

Baca Juga : Berkhianat saat Fathu Makkah, Rasulullah SAW Maafkan Hatib Karena Dianggap Istimewa

“Secara umum tahapan proses pilkades yang ada di Banyuwangi landai-landai saja tidak ada permasalahan yang mengganggu. Insya Allah bisa berjalan lancar dan sukses,”ujar Norawi.

Selanjutnya dia menuturkan, 8 desa yang akan menggelar pilkades serentak adalah Desa Jelun dan Licin (Kecamatan Licin), Desa Sumberanyar (Kecamatan Wongsorejo) dan Desa Sumbersari (Kecamatan Srono). Selanjutnya Desa Kedunggebang (Tegaldlimo), Desa Buluagung (Kecamatan Siliragung) dan Desa Gambiran (Kecamatan Gambiran) serta Desa Tegalarum (Kecamatan Sempu).

Harapan utama dari Bagian Tapemdes Kabupaten Banyuwangi bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam proses pemilihan menjaga netralitas dalam upaya mencegah dan menanggulangi permasalahan yang akan terjadi. Karena ketidaknetralan dari penyelenggara merupakan awal munculnya permasalahan.

Karena pilkades serentak digelar dalam suasana pandemi wabah Covid -9 yang belum berakhir sesuai dengan aturan khusus Permendagri tahun 2020 yang mengatur tentang penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga : Pemanfaatan Fasum dan Aset Daerah di Tulungagung Harus Melalui Kajian Teknis

“Termasuk TPS pun diatur jumlah pemilihnya tidak sampai 800 tetapi maksimal 500 orang yang waktunya diatur. Semua warga menggunakan hak pilihnya di TPS pada jam sudah ditentukan sehingga tidak terjadi kerumunan,” pungkasnya.

 

Topik
pilkades serentak banyuwangi desa yang gelar pilkades di banyuwangi tapemdes kabupaten banyuwangi

Berita Lainnya