Masyarakat Diminta Lakukan Pengawasan, Panitia Jaga Netralitas Agar Pilkades PAW Desa Parangharjo Lancar | Banyuwangi Times

Masyarakat Diminta Lakukan Pengawasan, Panitia Jaga Netralitas Agar Pilkades PAW Desa Parangharjo Lancar

May 20, 2021 17:45
M Norawi, Kabag Tata Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES
M Norawi, Kabag Tata Pemerintahan Desa Pemkab Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES

BANYUWANGITIMES- Menindaklanjuti mundurnya beberapa panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Parangharjo Kecamatan Songgon Banyuwangi, Bagian Tata Pemerintahan Desa (Tapemdes) Pemkab Banyuwangi turun langsung ke desa untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) persiapan Pilkades PAW desa tersebut pada Kamis (20/05/2021).

Menurut M Norawi, Kepala Bagian (Kabag) Tapemdes Pemkab Banyuwangi, pada dasarnya proses tahapan Pilkades PAW Desa Parangharjo sudah berjalan namun karena ada ketidaksinkronan dalam penyusunan tata tertib ada beberapa panitia yang mengundurkan diri. Setelah melaksanakan monev ternyata sudah terbentuk kepanitiaan yang baru sehingga tahapan Pilkades PAW desa tersebut terus dilanjutkan.

Baca Juga : Jalur Utama Giripuno-Pandanrejo Kota Batu Diambil Alih Provinsi Jatim, Pengerjaannya Tengah Dilelang

 

“Penekanan kami bagaimana semua pelaksana di tingkat desa netral terutama panitia, BPD kemudian kepala desa dan perangkatnya termasuk RT/RW-nya harus netral. Karena Pilkades PAW lebih rawan daripada pilkades reguler karena yang mempunyai hak suara adalah perwakilan dari masing-masing RT,” ujar Norawi.

Pejabat berkaca mata minus itu menuturkan perwakilan RT bisa dari unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan perwakilan petani serta tokoh yang sesuai dengan kondisi yang ada di wilayah masing-masing.

Karena pemilik hak suara merupakan perwakilan maka apabila diketahui oleh para calon hal tersebut menjadi potensi terjadinya pengkondisian untuk memenangkan salah satu calon. Makanya nama-nama perwakilan tersebut harus benar-benar dijaga oleh para ketua RT, sehingga RT-nya harus netral.

“Setiap perkembangan kondisi di lapangan diharapkan dilaporkan secepatnya kepada kami agar hal-hal yang tidak diinginkan misalnya untuk condong ke salah satu calon tidak terjadi,” jelas Norawi.

Baca Juga : Setengah Karung Koin Kuno Ditemukan Warga Jombang Saat Gali Pondasi Rumah

 

Agar pelaksanaan Pilkades PAW Desa Parangharjo berjalan lancar dan sukses, semua pihak diharapkan ikut terlibat melakukan pengawasan. Kemudian warga yang terlibat dalam kepanitiaan diharapkan mampu bersikap netral dalam menjalankan tugas dan kewajiban mereka agar pelaksanaan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

Topik
Pilkades PAW pilkades paw banyuwangi Pilkades Banyuwangi

Berita Lainnya