Beginilah Ungkapan Bahagia Juara 2 Duta Informasi Kabupaten Malang | Banyuwangi Times

Beginilah Ungkapan Bahagia Juara 2 Duta Informasi Kabupaten Malang

Apr 06, 2021 18:33
Ziva Hamanda bersama Kadis Kominfo Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz (kiri) saat Grand Final Duta Informasi Kabupaten Malang, Selasa (6/4/2021) (Foto: Fery/ MalangTIMES).
Ziva Hamanda bersama Kadis Kominfo Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz (kiri) saat Grand Final Duta Informasi Kabupaten Malang, Selasa (6/4/2021) (Foto: Fery/ MalangTIMES).

MALANGTIMES - Menjadi Juara 2 di ajang pemilihan Duta Informasi Kabupaten Malang, membuat Ziva Hamanda terharu bahagia. Siswi SMKN 1 Kepanjen ini awalnya tak menyangka akan menyabet juara 2 pada grand final Duta Informasi Kabupaten Malang yang diadakan di Pendapa Kabupaten Malang, Selasa (6/4/2021).

Ziva telah melalui berbagai rentetan ajang pemilihan Duta Informasi ini dari awal hingga akhir. Siswi kelas X ini menyampaikan materi presentasi salah satu potensi Kabupaten Malang, yakni Alpukat Pameling.

Baca Juga : Terpilih Jadi Duta Informasi Kabupaten Malang, Siswa Ini Menangis Bahagia

 

Pada saat menyampaikan informasi di depan hadapan dewan juri, dan jajaran OPD Kabupaten Malang, Ziva juga yakin bahwa materi yang ia sampaikan akan mengantarkannya menjadi pemenang di ajang ini.

"Perasaannya tidak menyangka dan senang sekali," ungkap gadis yang hobi menari dan mengambar ini.

Ia mengungkapkan, awalnya diberikan tugas untuk menyampai informasi berupa potensi UMKM yang ada Kabupaten Malang. Sampai pada akhirnya Ziva mendapatkan tugas yang lebih spesifik yakni menyampaikan tentang Alpukat Pameling, varietas asli Kabupaten Malang.

"Setelah diberikan tugas itu saya mencari dan menggali informasi tentang Alpukat Pameling, dari situ saya bisa menyusun informasi apa yang harus saya sampaikan nanti," ungkapnya.

Selain penilaian yang dilakukan pada saat Grand Final, penilaian juga telah dilakukan sejak awal mengikuti pembekalan. Hal tersebut sejalan dengan yang diungkapkan Kadis Kominfo Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz.

"Sebelum grand final, mereka sudah ada penilaian. Bahkan sebelum pembekalan mereka diminta untuk menunjukkan aktualisasi dirinya, mulai dari hobinya, bakat, dan cara mereka menulis," papar Anis.

Baca Juga : Prodi BK Unikama, Satu-satunya Prodi BK yang Lolos Progam Bantuan CoE Dikti

 

Sejalan dengan Anis, salah satu dewan juuri pada ajang pemilihan Duta Informasi, Widya Yutanti juga menjelaskan jika para finalis dituntut untuk mengasah kecerdasan dan pengetahuannya terkait dengan informasi.

"Kami juga menilai dari sisi pengetahuan, attitude, spontanitas, dan bagaimana cara mereka menjawab pertanyaan dari topik yang sudah ditentukan," ungkap dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Dengan terpilihnya menjadi Juara 2 Duta Informasi Kabupaten Malang, Ziva berharap dirinya bisa memberikan informasi yang baik dan membantu Pemerintah Kabupaten Malang dalam menyampaikan informasi dari program kerja OPD di Kabupaten Malang.

"Harapan saya semoga generasi muda bisa saling memotivasi dan support satu sama lain dalam hal menyampaikan informasi yang baik," ungkapnya.

Topik
duta informasi Kabupaten Malang Diskominfo Kabupaten Malang grand duta informasi

Berita Lainnya