Kades Yosomulyo Apresiasi Dinas PU, Pembangunan Box Culvert Atasi Banjir Sampai Pedesaan | Banyuwangi Times

Kades Yosomulyo Apresiasi Dinas PU, Pembangunan Box Culvert Atasi Banjir Sampai Pedesaan

Mar 16, 2021 19:28
Sejumlah pekerja dari UPT Pengelolaan Jalan wilayah III Genteng Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi sedang sibuk memasang box culvert di Desa Yosomulyo
Sejumlah pekerja dari UPT Pengelolaan Jalan wilayah III Genteng Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi sedang sibuk memasang box culvert di Desa Yosomulyo

BANYUWANGITIMES - Memasuki musim penghujan drainase saluran air yang rusak di Kabupaten Banyuwangi terus dibenahi Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman dengan pemasangan box culvert atau saluran drainase beton. 

Salah satunya saluran air di wilayah Jalan KH. Abu Sujak Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran. Selasa (16/3/2021).

Baca Juga : Warga Perumahan Gunung Sari Indah Sambat 5 Tahun Terus Kebanjiran

Pembongkaran ini dilakukan untuk mengatasi penyumbatan yang terjadi akibat adanya bongkahan batu dan menyempitnya saluran air tersebut. Akibat penyumbatan ini menyebabkan banjir dan kegiatan masyarakat serta jual beli  di Pasar Rabu terganggu.

Kepala Desa Yosomulyo, Drs. Joko Utomo Purniawan, M.Pd  mengutarakan, air meluber bahkan banjir di wilayah desanya diprediksi tidak terkendali bila tidak diatasi dengan perbaikan drainase yang memadai. Kata Joko, pihaknya telah mengajukan permohonan pembangunan dan pemasangan box culvert untuk membenahi saluran-saluran air yang rusak di sejumlah jalan protokol Desa Yosomulyo.

Pria penghobi sepeda onthel kuno itu bersyukur, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman merespon cepat permohonannya. Terbukti , Koordinator UPT Pengelolaan Jalan wilayah III Genteng Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi, Thoyib Ali Mansur E, melalui surat  nomor 12.03/6/III.Gtg/2021.

Surat tersebut menyebut berdasarkan hasil survei quick respon atas permohonan Kepala Desa Yosomulyo, Joko Utomo Purniawan, pada hari Rabu tanggal 10 Maret 2021 maka hari ini  Selasa 16 Maret 2021, pihaknya melakukan pemasangan box culvert di Jalan KH Abu Sujak Gardu induk PLN Desa Yosomulyo dengan memasang box culvert sebanyak  6 unit berdiameter 0,8 m.

"Terimakasih Dinas PU yang telah merespon cepat dengan pemasangan box culvert,  drainase yang ada dulu tersumbat dan terlalu kecil, akhirnya sulit juga dibersihkan. Warga yang kerja bakti  tidak bisa masuk dengan leluasa untuk melakukan perawatan,” ucap Joko.

Baca Juga : Satu Jam Hujan Deras Melanda Kota Malang, Lima Pohon Tumbang di Kecamatan Sukun 

Dia berharap dengan adanya pembangunan  box culvert ini dapat mengurai air sehingga tidak lagi banjir.

 

Topik
Dinas PU Banyuwangi pemkot banyuwangi Box Culvert

Berita Lainnya