DPRD Banyuwangi Desak Eksekutif Secepatnya Cairkan Anggaran Pembangunan Masyarakat | Banyuwangi Times

DPRD Banyuwangi Desak Eksekutif Secepatnya Cairkan Anggaran Pembangunan Masyarakat

Feb 19, 2021 18:33
Ruliyono (paling kiri), pimpinan rapat paripurna DPRD tentang nota pengantar LPKJ bupati Banyuwangi tahun 2020 (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Ruliyono (paling kiri), pimpinan rapat paripurna DPRD tentang nota pengantar LPKJ bupati Banyuwangi tahun 2020 (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

BANYUWANGITIMES - Dalam upaya membangkitkan perekonomian dalam situasi pandemi Covid-19, DPRD Kabupaten Banyuwangi mendesak eksekutif untuk secepatnya mencairkan anggaran dana.

Anggaran dana dimaksud yaitu yang berhubungan dengan proyek penunjukan langsung (PL) dan bantuan sosial (Bansos) yang ada dalam APBD Kabupaten Banyuwangi Tahun Anggaran 2021.

Baca Juga : Suami Istri Bandar Sabu Beromzet Miliaran Diringkus, Pelanggan Setia Ternyata Orang Tua Sendiri

Ruliyono, Wakil Ketua DPRD yang memimpin rapat paripurna dewan dengan agenda penyampaian nota pengantar Bupati Banyuwangi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) APBD tahun 2020 di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Banyuwangi, Jumat (19/2/2021), menyatakan dengan adanya proyek yang berjalan akan memberikan multiplayer effect bagi masyarakat yang sebagian besar mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

”Ini kan sudah ada anggarannya, sudah disahkan oleh gubernur dan sudah dievaluasi. Termasuk untuk dana bansos pencairanya jangan ditumpuk di akhir tahun,” tegas politisi Partai Golkar tersebut.

Apabila dana pembangunan tersebut cair secepatnya maka masyarakat yang ada di sekitar proyek bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Selanjutnya toko bangunan bisa jalan dan penjual makanan minuman di sekitar lokasi proyek bisa mendapatkan pendapatan dengan berjualan kepada pekerja proyek.

Sedangkan untuk LKPJ Bupati Banyuwangi tahun 2020, karena acara rapat paripurna dewan digelar secara virtual, berkas yang dibacakan oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banyuwangi akan diurus oleh sekretaris dewan. Kemudian akan dibagikan kepada masing-masing komisi dan alat kelengkapan dewan yang lain untuk dikaji dan diteliti lebih lanjut.

Dalam pembahasan di komisi-komisi nantinya juga akan dilakukan pembahasan bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait yang hasilnya akan disampaikan kepada Badan Anggaran DPRD Banyuwangi.

”Sesuai dengan aturan yanga ada, dewan memiliki waktu maksimal 30 hari dalam melakukan pembahasan sampai dengan memberikan rekomendasi terhadap LKPJ bupati Banyuwangi tahun 2020,” jelas politisi asal Kecamatan Glenmore itu.

Sementara H. Mujiono, Plh Bupati Banyuwangi dalam sambutannya antara lain mengungkapkan melalui momentum ini mengajak forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Banyuwangi dan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Banyuwangi untuk bersama-sama bergotong royong untuk minimal mempertahankan raihan prestasi Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir bahkan berupaya meningkatkan agar lebih maju dan lebih baik.

”Satu hal yang harus selalu dijaga semangat kebersamaan dan kekompakan antara seluruh elemen masyarakat Banyuwangi. Mari menyatukan tekad semangat dan komitmen dengan sepenuh hati untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab bersama,”ujar Mujiono.

Baca Juga : Polresta Banyuwangi Bongkar Pencurian Pakan Udang, Kerugian Rp 2 Miliar

Selanjutnya penghobi olahraga bulutangkis itu mengajak menumbuhsuburkan spirit mencita dan rasa memiliki daerah selalu rukun dan guyub untuk mewujudkan Banyuwangi yang lebih baik dan lebih maju.

Dalam kesempatan tersebut Plh Bupati Banyuwangi juga memaparkan realisasi pendapatan yang besarnya Rp 3,267 triliun dari alokasi yang ditetapkan Rp. 3,254 triliun. Selanjutnya realisasi belanja daerah yang mencapai 91,88 persen atau Rp 3,140  triliun dari alokasi yang ditetapkan sebesar Rp 3,417 triliun.

Lebih lanjut juga disampaikan ratusan penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Karena inovasi dan kreatifitas dalam melakukan pembangunan termasuk kiat dalam menyikapi pandemi wabah Covid-19 mampu mendapatkan penghargaan dari pemerintah provinsi, pusat bahkan dunia internasional.

Tidak lupa H Mujiono juga menyampaikan terima kasih kepada mantan bupati dan wakil bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas- H Yusuf Widyatmoko, yang dalam sepuluh tahun mampu mewujudkan rukun kompak dan kerjasama serta gotong royong bekerja keras bersama Forkopimda, ASN, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat dalam membangun dan memajukan kabupaten Banyuwangi seperti saat ini.

 

Topik
DPRD Kabupaten Banyuwangi proyek penunjukan langsung bantuan sosial Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Anggaran Pembangunan Berita Banyuwangi

Berita Lainnya