Warga Banyuwangi Diminta Waspada Hujan Deras Disertai Angin dan Petir | Banyuwangi Times

Warga Banyuwangi Diminta Waspada Hujan Deras Disertai Angin dan Petir

Feb 01, 2021 18:31
Dita Purnamasari, Prakirawati Cuaca BMKG Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Dita Purnamasari, Prakirawati Cuaca BMKG Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

BANYUWANGITIMES - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi minta warga Banyuwangi mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat yang datang tiba-tiba disertai angin kencang dan petir. “Intensitas hujan cukup meningkat. Masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan dan yang tinggal di sekitar bantaran sungai harus waspada terkait potensi kemungkinan terjadinya musibah tanah longsor dan banjir akibat naiknya debit air karena curah hujan yang lebat,” kata Dita Purnamawati, Prakirawati Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Senin (1/2/2021).

Dita juga menyampaikan kewaspadaan pada tingginya gelombang laut. ”Sedangkan tinggi gelombang di penyeberangan selat Bali diperkirakan 0,5  meter sampai dengan 1,5 meter dan relatif aman untuk pelayanan penyeberangan Ketapang – Gilimanuk dan sebaliknya. Namun perlu diwaspadai kemungkinan terjadinya hujan secara tiba-tiba yang diserta dengan angin kencang,”jelasnya.

Baca Juga : Detik-Detik Wisata Sumber Biru Jombang Tersapu Banjir

Kemudian untuk temperatur udara berkisar 24  - 30 derajat Celcius dengan kelembaban udara 70 – 93 persen sehingga memicu terjadinya hujan ringan hingga sedang. Sedangkan arah angin dominan dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan rata-rata 06 – 32 kilometer/jam, imbuhnya.

Selanjutnya dia menuturkan dalam seminggu ke depan masyarakat yang melakukan aktivitas di sekitar laut selatan diharapkan lebih hati-hati dan waspada karena tinggi gelombang di perairan laut selatan Jawa diprediksi sekitar 3,5 meter sampai dengan 4.0 meter atau lebih. ”Biasanya peningkatan kecepatan angin juga cukup signifikan,” imbuh Dita.

Lebih lanjut Dita menambahkan masyarakat dipersilakan melakukan pemantauan prakiraan cuaca di BMKG Banyuwangi secara berkala dengan mendatangi kantor secara langsung atau melalui media sosial @cuaca banyuwangi, Twitter dan Instagram BMKG Banyuwangi.

Topik
Berita Banyuwangi prakiraan cuaca banyuwangi bmkg banyuwangi

Berita Lainnya