Cabup Banyuwangi Mas Yusuf naik kuda menyapa warga di Kecamatan Glagah. (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Cabup Banyuwangi Mas Yusuf naik kuda menyapa warga di Kecamatan Glagah. (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

Memasuki masa akhir kampanye bupati-wakil bupati Banyuwangi tahun 2020, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat (PD), Partai Golkar (PG), serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banyuwangi akan allout mengerahkan semua potensi mereka untuk memenangkan pasangan calon (paslon) H Yusuf Widyatmoko-KH Muhammad Riza Azizy (Mas Yusuf- Gus Riza).

Menurut Michael Edy Hariyanto, ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi yang juga salah seorang ketua Tim Pemenangan Mas Yusuf-Gus Riza, pihaknya akan lebih giat turun melakukan sosialisasi ke daerah-daerah untuk melakukan penetrasi politik dengan cara-cara yang sudah diberikan oleh konsultan.

Baca Juga : Melalui APBD 2021, Partai Hanura Berharap Bupati Lumajang Tepati Janji Politiknya

”Kami yakin posisi paslon kami sudah unggul dan berdasarkan hitungan kasar yang dilakukan beberapa lembaga survei. Ada versi saat ini kekuatan kedua paslon imbang. Namun ada yang memenangkan Mas Yusuf-Gus Riza  atas Ipuk-Sugirah dengan skore 60-40 persentase,” ucap ketua Partai Demokrat Banyuwangi itu.

Dalam waktu dekat, parpol pengusung Mas Yusuf-Gus Riza sudah sepakat untuk fokus menggarap dapil dua dan dapil lima yang dinilai belum maksimal. Bahkan khusus dapil dua, Michael optimistid akan menang. 

 Selama ini pihaknya sengaja belum turun  untuk menyapa pendukung maupun melakukan sosialisasi. “Namun, mendekati masa akhir kampanye, kami sepakat untuk allout memenangkan pertarungan di dapil dua,” imbuh ayah dua anak tersebut.

Sementara HM.  Ali Mahrus, sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi, mengungkapkan selama ini semua jaringan partai, kader, dan simpatisan partai besutan Gus Dur itu di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan maupun yang ada di dusun terus bergerak untuk mengenalkan sosok dan sosialisasi program yang ditawarkan Mas Yusuf- Gus Riza. Di.pilkada ini, Mas Yusuf-Gus Riza mengusung taglin Makmur Bersama Wong Cilik untuk membangun Banyuwangi yang baik dan maju.

“Beberapa waktu lalu kami bertemu dengan jaringan yang berjuang bersama dalam pemilu legislatif lalu dan mereka menyatakan masih solid dan siap berjuang bersama untuk memenangkan paslon Mas Yusuf-Gus Riza dalam pilkada Banyuwangi pada 9 Desember 2020 mendatang,” jelas Ali Mahrus.

Sedangkan Ruliyono, ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, mengungkapkan dalam rangka mendukung dan memenangkan Mas Yusuf-Gus Riza, beberapa waktu pihaknya mengundan MM. Sarmuji, ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Timur,  bersama timnya. Mereka melakukan supervisi tahapan pemilihan bupati-wakil bupati Banyuwangi.

Baca Juga : Tak Lagi Jadi Pengurus MUI, Tengku Zulkarnain: 10 Tahun Cukuplah

Selain itu, kehadiran ketua DPD Partai Golkar Jatim ke Kota Gandrung juga dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan pembekalan kepada jajaran pengurus partai tingkat kabupaten sampai pimpinan kecamatan (PK) serta organisasi sayap seperti Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG).

Politisi asal Glenmore itu mengutarakan,  dengan sisa  waktuyang ada, dia meminta seluruh pengurus kader dan simpatisan Partai Golkar untuk mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki untuk memenangkan paslon nomor 1 Mas Yusuf-Gus Riza.

"Ibarat menjaring ikan, karena tidak memiliki pukat harimau, maka yang punya jala silakan gunakan jala untuk menjaring ikan, yang punya pancing, sewek dan cikrak silakan manfaatkan untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya. Kami memang tidak memiliki duit. Makanya siap menjual program dan meyakinkan masyarakat untuk memilih Mas Yusuf-Gus Riza pada 9 Desember 2020 mendatang,” tegas Ruli.