Bupati Banyuwangi Bagikan Masker Kepada Warga di Pasar Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Bupati Banyuwangi Bagikan Masker Kepada Warga di Pasar Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi terus berupaya dengan berbagai cara menahan laju pertambahan kasus penyebaran wabah Covid 19 di wilayah Banyuwangi. Salah satunya yang dilakukan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dengan membagikan masker bagi warga masyarakat yang melakukan aktivitas di Pasar Banyuwangi Selasa (15/9).

Menurut Bupati Azwar Anas, seharusnya semua warga masyarakat sudah memiliki masker karena pemkab Banyuwangi sudah melaksanakan program pemberian bantuan masker secara gratis melalui kecamatan, desa/kelurahan, TNI/Polri dan dinas/instansi pemerintah maupun swasta yang ada di wilayah Banyuwangi.

Baca Juga : Disiplinkan Kawasan Malioboro, Kapolresta Kota Yogyakarta Purwadi Bagi-Bagi Masker

“Pada saat melakukan pembagian masker sebagian besar masyarakat sudah menggunakan masker dengan baik dan benar,  ada sebagian kecil yang tidak menggunakan masker karena sedang makan dan merokok. Namun ada juga yang inovatif tetapi kurang pas dengan melubangi masker yang dikenakan agar tetap bisa merokok,”jelasnya.

Selanjutnya bupati asal kecamatan Tegalsari itu menambahkan pihaknya akan melakukan program pembagian bantuan masker di pasar-pasar wilayah Banyuwangi yang merupakan tempat kerumunan masa yang potensial bagi penyebaran wabah Covid 19.

Kemudian terkait dengan adanya operasi justisi yang digelar secara terpadu dengan melibatkan TNI/Polri, Satpol PP dan instansi terkait, pemerintah lebih mengedepankan faktor edukasi dan sosialisasi. Tujuananya agar masyarakat tidak abai dan tetap disiplin memakai masker dengan baik dan benar sebagai upaya menekan laju pertambahan wabah Covid 19 di Banyuwangi yang saat ini angka lebih dari seribu kasus.

Bupati Azwar Anas lebih lanjut menuturkan pihaknya akan melakukan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan operasi bagi warga yang tidak menggunakan masker.”Denda kadang tidak menyelesaikan masalah, akan tetapi edukasi dan sosialisasi akan terus kami lakukan agar masyarakat disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,”tegasnya.

Baca Juga : 64 Pengendara Tak Bermasker di Jombang Didenda Rp 50 Ribu

Saat membagi masker di Pasar Banyuwangi, Bupati Azwat Anas didampingi beberapa pejabat Pemkab Banyuwangi antara lain; Staf Ahli, Asisten Kesra, Plt Kepala BPBD Banyuwangi dan beberapa pejabat yang lain.