Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Pasien terkonfirmasi positif covid-19 dari kluster birokrasi bertambah lagi di Kabupaten Blitar. Sebanyak sembilan anggota Satpol PP dilaporkan positif setelah menjalani swab test massal. 

Kebijakan swab test massal diberlakukan setelah sebelumnya dua anggota Satpol PP Kabupaten Blitar terkonfirmasi positif Covid-19 lebih dulu. 

Baca Juga : 42 Karyawan PT SN Probolinggo Positif Covid-19, Bupati Bingung

Pantauan media ini, situasi tersebut tidak mempengaruhi kinerja dan tugas-tugas dari Satpol PP Kabupaten Blitar. Markas Satpol PP yang berada di Jalan Semeru Kota Blitar tetap buka seperti biasa. 

Saat dikonfirmasi, Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Rustin Tri Setyobudi mengatakan, kebijakan tetap mengaktifkan kegiatan di kantor ini karena semua anggota yang terkonfirmasi positif sudah mendapatkan penanganan.

Dikatakan Rustin, seluruh anggota yang terkonfirmasi positif saat ini menjalani isolasi di LEC Garum dengan pantauan langsung  Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Sedangkan anggota lain yang hasil swab test-nya negatif saat ini telah kembali menjalankan tugas. 

“Kami pastikan kantor kami sudah aman 100 persen. Kantor sudah kembali dibuka karena mereka yang dinyatakan positif sudah diisolasi dan mendapatkan penanganan dari Satgas Covid-19. Anggota yang hasil swab testnya negatif saat ini telah kembali bekerja seperti biasa,” ungkap Rustin kepada awak media, Senin (24/8/2020).

Sebelumnya, data mencatat dua kasus konfirmasi positif ASN Pemkab Blitar yang bertugas di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Kedua anggota Satpol PP dinyatakan positif setelah sebelumnya mengikuti swab test massal bersama Bupati Blitar Rijanto. 

Baca Juga : Update Covid Kota Malang: 9 Sembuh, 5 Positif, 1 Meninggal

Berdasarkan hasil tracing diketahui dua anggota Satpol PP terkonfirmasi positif memiliki riwayat kontak erat dengan pegawai Bagian Prokopim Setda yang terkonfirmasi positif Covid-19 lebih dulu. 

Gerak cepat kemudian dilakukan Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar dengan melakukan tes swab kepada seluruh personil Satpol PP. Tercatat sebanyak 86 anggota Satpol PP menjalani tes swab massal selama dua hari, 14 dan 15 Agustus. 

Mereka terdiri dari  Satpol PP dan petugas Pemadam Kebakaran yang berada di bawah naungan Satpol PP Kabupaten Blitar. Hasilnya ada 9 anggota yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.