OM Wawes Memotong Tumpeng Saat Peluncuran Album Perdana
OM Wawes Memotong Tumpeng Saat Peluncuran Album Perdana

OM Wawes, grup musik beraliran dangdut di Yogyakarta resmi merilis album perdana bertajuk ‘Restu’ pada Rabu 19/8/2020 sore bertempat di satu kafe. Album resmi ini berisi 13 lagu yang salah satunya merupakan lagu terbaru berjudul “Yen Wis”.

Selain merilis album, grup band dengan empat personel laki-laki ini juga meluncurkan buku berjudul “Babad Alas Dangdut Anyar”. Album dan buku tersebut bisa didapatkan oleh Konco Remukan Ati, sebutan fans clubnya, dalam satu paket totebag disertai satu kaos sebagai pelengkap lainnya.

Baca Juga : Merenung dalam Pandemi, Christabel Annora Hasilkan Mini Album Bertajuk Sudut Kamar

Dalam konferensi pers kemarin, Dhyen Ganjar Prabowo, vocalis group band ini, menjelaskan bahwa membuat album merupakan impian dari awal berdirinya OM Wawes.  

Walaupun sempat terhenti dan berjalan lambat dalam pembuatannya, keberhasilannya menghadirkan album merupakan kesuksesan tersendiri bangi dirinya dan kawan-kawan. "Bagi kami punya album adalah kewajiban sebuah band," ujar Gaseng, panggilan akrab sang vokalis.

Dalam album ‘Restu’ ini, OM Wawes tidak hanya membawakan lagunya sendirian. Ia juga menggandeng musisi lain, di antaranya Pendhoza dan PamPam. 

Untuk memberikan warna musik dangdut yang berbeda dan khas, Gaseng dan kawan-kawan juga melengkapi dengan instrumen bass, trombone dan trumpet. 

"Om Wawes ingin membuat warna musik dangdut yang berbeda, tidak seperti musik dangdut lainnya, jadi kami ingin membuat genre dangdut Om Wawes," jelas Gaseng menekankan.

Adapun buku yang diluncurkan merupakan inisiatif mereka untuk mencatatkan proses perjuangan dari awal karir hingga sekarang. Selain itu, dalam buku tersebut juga diawali dengan penjelasan mengenai perkembangan musik dangdut di tahun 1970 hingga 2000an secara nasional. 

"Pada dasarnya musik dangdut akan menjadi sejarah Indonesia dan yang menuliskannya masih jarang," ujar Michael HB Raditya selaku penulis buku.

Baca Juga : Murak Berkat di Jalan Kampung, Cara Masyarakat Ngentrong Sambut HUT RI Tahun Ini

Peluncuran album ini juga ditanggapi dengan baik oleh para penggemarnya. Alfi salah satu Konco Remukan Ati merasa turut senang dengan kehadiran album komplit dari group band kesukaannya. 

Bahkan saat mengetahui dari media sosial OM Wawes akan meluncurkan album, Alfi sudah mempersiapkan dana untuk membeli. “Sudah mulai nabung juga sih dari bulan April,” jelasnya pada media ini.

Perlu diketahui, OM Wawes merupakan salah satu grup band dangdut yang populer di Jogja sejak tahun 2012 lalu. Group band dengan personil Dhyen Ganjar Prabowo (Vokal), Louis David (Kendang), Tony Kurniawan (Drum) dan Bayu Garninda (Gitar) ini sangat digemari pemuda-pemudi di Jogja dan sekitarnya. 

Sudah banyak lagu single yang dihadirkan dari awal berdiri hingga sekarang. Salah satu lagu yang paling populer berjudul “Sayang” dan sudah dicover oleh banyak penyanyi dangdut tenar di seluruh Indonesia.