Sertu  Hadi Sukowiyono  menangkap ular piton
Sertu Hadi Sukowiyono menangkap ular piton

Anggota TNI dari Koramil 0825/06 Gambiran bersama warga mengamankan ular piton ukuran 3 meter di saluran air warga Dusun Sidorejo Wetan Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. Selasa 28/7/2020

Berbekal ilmu yang dimiliki saat latihan combat survival dari kepungan lawan didoktrin untuk bisa melawan musuh secara hit and run dan tetap hidup dengan memanfaatkan bahan makanan alami di hutan. Tanpa kesulitan aggota TNI ini menangkap ular yang meresahkan warganya.

Baca Juga : 9 Warganya Sembuh dari Covid-19, Kelurahan Rembang Gelar Syukuran

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Wringinagung Koramil 0825/06 Gambiran  Sertu  Hadi Sukowiyono mengatakan bahwa penangkapan ular piton ini bermula dari laporan warga yang teriak minta tolong ada ular. Sekira pukul 08.00 Wib pagi, saat dirinya patroli ke desa binaan.

"Awalnya ular mematikan itu ditemukan oleh warga saat membersihkan saluran air di sekitar kanal pedot, kemudian lari dan teriak teriak ada ular dan langsung kita tangkap ular itu," kata Hadi Suko.

"Panjangnya sekitar 3 meter. Setelah kita tangkap, untuk sementara diamankan agar tidak membahayakan nantinya," imbuhnya.

Ukuran ular piton ini cukup besar baginya mengingat kawasan tempatnya berdinas masuk kategori pedesaan bukan wilayah perhutanan.

Hadi Suko menghimbau kepada warga yang menemukan hewan liar agar memberitahukan kepada pihaknya. Supaya tidak ada ancaman serta terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Kapolresta Sambang Polsek Klojen, Bhabinkamtibmas Ditekankan Paham 3T

Beruntung tidak ada korban dalam proses evakuasi ular piton tersebut. Rencana hewan reptil mematikan ini akan dibawa  ke pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi untuk di lepas liarkan kembali ke habitatnya"pungkasnya