Gelaran Muskab FOPI Banyuwangi Di Aula SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi. (Foto: Nurhadi/ BanyuwangiTimes)
Gelaran Muskab FOPI Banyuwangi Di Aula SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi. (Foto: Nurhadi/ BanyuwangiTimes)

Dalam masa transisi menuju tata kehidupan baru di tengah pandemi Covid 19, pengurus Federasi Olahraga Pentaque Indonesia (FOPI) Jawa Timur (Jatim) fokus melakukan konsolidasi organisasi, penyegaran dan berupaya memenuhi target pembentukan pengurus FOPI kabupaten/kota di wilayah Jatim.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian FOPI Provinsi Jawa Timur Nurkholis pada saat menghadiri Musyawarah Kabupaten (Muskab) FOPI Banyuwangi di Aula SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi, Minggu (19/7) kemarin.

Baca Juga : Regulasi U-20 Masih Wacana, Arema FC: Kami Belum Terima Draft Regulasi

Dalam arahannya, Nurkholis menyampaikan perlunya kesiapan menghadapi beberapa agenda yang dilaksanakan cabang olahraga Pentaque Jatim mulai Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2021, Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jatim maupun even-even yang lain.

"FOPI Banyuwangi merupakan pelaksana Muskab/kota yang masuk tahap pertama bersama sebelas daerah lain di Jatim yang masa bakti kepengurusannya habis tahun ini," terang dosen Universitas Surabaya (Unesa) itu.

Saat ini di Jatim tercatat 27 kabupaten/kota yang sudah memiliki kepengurusan FOPI. "Target kami sampai dengan akhir tahun 2020 mampu membentuk kepengurusan di 30 kabupaten/kota di Jatim. Dalam waktu dekat akan segera terbentuk FOPI di Jember, Situbondo, Pacitan dan Madiun,” imbuh pria kelahiran Banyuwangi itu.

Dia menambahkan dengan semakin banyak daerah yang mengembangkan pembinaan olahraga Pentaque, maka semakin banyak potensi dan pilihan atlet Jatim yang akan diproyeksikan mengikuti kejuaraan di level nasional maupun internasional.

"Dan terbukti dalam gelaran Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) tim Pentaque Jatim mampu menjadi juara umum," paparnya.

Sementara itu, Ketua Pengkab FOPI Banyuwangi I Wayah Dauh menyatakan dalam waktu secepatnya menuntaskan penyusunan pengurus Pentaque Banyuwangi periode 2020-2024..

Baca Juga : Pordasi Jatim Target Olahraga Berkuda Tampil dalam Porprov

Menurut Wayan, program lain yang akan dilakukan adalah meningkatkan kerukunan, kekompakan dan kerja sama yang baik antara pengurus dengan pemain dan pelatih.

”Sebagai salah satu Cabor baru Pentaque Banyuwangi mampu mencatat prestasi yang bagus di tingkat Jatim baik dalam POPDA, Kejurda maupun dalam Porprov Jatim tahun lalu,” ujar Wayan.

Dalam upaya meraih prestasi yang maksimal, dalam masa transisi menurut tata kehidupan baru di Banyuwangi, para atlet Pentaque terus melakukan latihan rutin.

Mereka dipersiapkan menghadapi berbagai even di tingkat Jatim, Nasional bahkan internasional yang akan menggelar kejuaraan secara online. "Tentu saja target yang tidak kalah penting adalah meraih medali sebanyak-banyaknya dalam gelaran Porprov Jatim tahun 2021 mendatang," imbuh ayah satu putri itu.