Prakirawan Cuaca BMKG Banyuwangi  Menunjukan Data Perkiraan Cuaca Umum Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Prakirawan Cuaca BMKG Banyuwangi Menunjukan Data Perkiraan Cuaca Umum Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Para nelayan pemancing dan masyarakat yang melakukan aktivitas di perairan selatan Banyuwangi diimbau untuk hati-hati dan waspada. Hal itu dikarenakan tinggi gelombang laut di kawasan tersebut diprediksi sekitar 4  meter sampai dengan 5 meter.

Menurut Beni Gumintar, Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas III Banyuwangi berdasarkan data yang ada prakiraan cuaca umum wilayah Banyuwangi hari ini dan besok potensi hujan masih dapat terjadi dikarenakan masih hangatnya suhu muka laut di perairan selatan Jawa Timur, khususnya di Banyuwangi. 

Baca Juga : Kemarau, Sebagian Kecil Wilayah Malang Diprediksi Miliki Kapasitas Air Tanah Sedang

"Hujan yang terjadi bersifat lokal dan dengan intensitas dan jumlah hari hujan yang cenderung menurun. Kondisi cuaca besok untuk wilayah kabupaten Banyuwangi umumya cerah-berawan berpotensi hujan ringan di bagian selatan,"jelasnya.

Alumni SMAN Glagah itu menuturkan memasuki bulan Juli sebagian besar wilayah Banyuwangi telah memasuki musim kemarau. Namun adanya perubahan suhu permukaan muka laut maka potensi hujan masih terjadi utama pada waktu sore dan malam hari.

Pria asli Banyuwangi itu menambahkan salah satu satu tanda musim kemarau adalah pada waktu siang udara terasa panas. Namun pada malam hingga dini hari kondisinya terasa sangat dingin. Dalam dua hari ini diperkirakan temperatur udara berkisar 23-31 derajat Celcius dengan kelembaban udara 65-95 persen.

Selanjutnya untuk perairan selat Bali dinilai masih aman bagi layanan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk atau sebaliknya karena tinggi gelombang di kawasan tersebut diprediksi antara 0,5-1.0 meter, kecuali selat Bali bagian selatan yang diperkirakan mencapai 4.0 meter.

Baca Juga : Udara Terasa Panas Selama Beberapa Hari Terakhir, BMKG Sebut Ada Fenomena Udara Gerah

Sedangkan untuk kegiatan penerbangan di Bandara Blimbingsari Banyuwangi dinilai relatif aman karena perkiraan kecepatan angin 06-38 kilometer/jam. "Kondisi cuaca wilayah bandara sama dengan kota Banyuwangi potensi hujan terjadi pada malam dan pagi hari," ungkap dia.