I Made Cahyana Negara, Ketua DPRD Banyuwangi (pakai sarung tangan) dalam acara bakti sosial
I Made Cahyana Negara, Ketua DPRD Banyuwangi (pakai sarung tangan) dalam acara bakti sosial

Beragam cara dilakukan lembaga atau warga masyarakat dalam mengenang peristiwa bersejarah yang dinilai memiliki makna dan arti dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Salah satunya cara mengenang Hari Lahir Pancasila sekaligus Bulan Bung Karno dalam bulan Juni. DPRD Kabupaten Banyuwangi mengajak pelajar, mahasiswa dan masyarakat mendukung dan berpartisipasi dalam  lomba menulis esai secara online dengan tema "Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19."

Baca Juga : Dianggap Tulis Informasi Salah soal G30S/PKI, Tagar #BoikotWikipedia Trending Twitter

Menurut Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, dalam memperingati Hari Lahir Pancasila tahun ini pihaknya menyelenggarakan lomba menulis esai dengan tujuan lebih meningkatkan kecintaan anak bangsa terhadap Pancasila.

Selain itu, melalui ajang ini diharapkan dapat melahirkan para penulis handal dan menumbuhkan minat dan budaya menulis, khususnya bagi kalangan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa.

“Ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi terhadap Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni sehingga masyarakat bisa mengerti memahami menjiwai dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Alumni SMA N 1 Giri itu menuturkan, lahirnya Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan sejarah perjalanan perjuangan para founding father bangsa Indonesia, yang di sampaikan dalam sidang BPUPKI yang pertama oleh Ir. H. Soekarno.

Tentunya semangat juang dan spirit bangsab harus terus digelorakan, terlebih saat ini Bangsa Indonesia tengah mengalami keprihatinan nasional dalam menghadapi wabah Covid-19 yang menjadi pandemi dunia dan mengakibatkan korban meninggal dunia yang tidak sedikit.

“Oleh karena itu kita sengaja memilih Tema Lomba Esai Spirit Pancasila, Gotong Royong Hadapi Covid- 19. Lomba ini diharapkan bisa menjadi sebuah inspirasi untuk memperkuat semangat persatuan kesatuan dan jiwa gotong royong masyarakat Banyuwangi untuk menuntaskan Covid-19,″ imbuhnya.

Baca Juga : Pastikan Kualitas Bahan Pangan, DPRD Kota Blitar Sidak Gudang Penyuplai Rastrada

Selain menggelar lomba esai, lanjut Made, DPRD juga akan melaksanakan rangkaian kegiatan sosialisasi tentang Hari Lahir Pancasila dengan tetap mengedapankan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Dengan gotong royong pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat Made optimis mampu menghentikan penyebaran virus corona di Banyuwangi khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

“Mari kita bersama sama saling bergandeng tangan dan bergotong royong untuk menuntaskan Covid-19. Dengan bergotong royong yang merupakan intisari dari Pancasila, Insyaallah kita bisa mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19”, tegas Politikus berkacamata minus itu. 

Selanjutnya bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam lomba bisa mengirimkan naskahnya via email ke DPRD Banyuwangi.

Seluruh karya tulis yang masuk nantinya akan dinilai oleh tim juri dan para pemenangnya akan diumumkan melalui media online maupun cetak.

Adapun total hadiah yang disiapkan DPRD Banyuwangi bagi para pemenang lomba sekitar Rp 28 juta.