Suasana Pengukuhan Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Banyuwangi masa bakti 2020-2025 (Nurhadi/ JatimTIMES)
Suasana Pengukuhan Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Banyuwangi masa bakti 2020-2025 (Nurhadi/ JatimTIMES)

Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Banyuwangi Masa Bakti 2020-2025 secara resmi dikukuhkan oleh Wakil Ketua I DP KORPRI Provinsi Jawa Timur, Ir. Muhammad Gunawan Saleh di Aula Rempeg Jogopati Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi Rabu (13/5).

Acara pengukuhan diawali dengan pemberian santunan kepada anak yatim yang diserahkan oleh Wakil Ketua I DP KORPRI Provinsi Jawa Timur dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dalam kata sambutannya M Gunawan Saleh, mengharapkan jajaran pengurus KORPRI Banyuwangi mau membaca dan memahami aturan main yang diimplementasikan dalam etika dan bersikap pada kehidupan sehari-hari.

Menurut dia dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah Covid 19, anggota KORPRI diminta berpartisipasi aktif dalam mengatasi masalah ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain pasca pendemi wabah tersebut tuntas.

Selanjutnya M Gunawan meminta agar KORPRI menjalankan Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI untuk tidak mudik
pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini.

"Segera lakukan konsolidasi internal dan menyelesaikan tugas pokok fungsi(Tupoksi) masing-masing agar mampu memberikan manfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Sementara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan pengukuhan KORPRI Banyuwangi dalam suasana duka wabah Covid 19 dinilai sebagai peristiwa luar biasa yang belum tentu terulang dalam waktu 100 tahun lagi.

Menurut dia pandemi wabah Covid-19 mendorong umat manusia untuk menjalani kehidupan yang lebih bermakna dalam menghadapi tantangan baru. 

Tentunya membutuhkan inovasi dan kreativitas untuk mempertahankan bahkan berupaya meningkatkan raihan prestasi yang lebih baik.

"Jajaran Ketua dan Pengurus KORPRI Banyuwangi yang baru dikukuhkan kami harapkan membangun silaturahmi komunikasi dan koordinasi dengan pengurus yang telah purna dengan cara yang efektif,"pinta Azwar Anas.

H. Mujiono, Ketua KORPRI Banyuwangi 
Masa Bakti 2020-2025 menyatakan langkah awal yang akan dilakukan adalah melakukan konsolidasi internal agar organisasi bisa solid.

Menurut dia dalam suasana keprihatinan akibat pandemi wabah Covid- 19, KORPRI berupaya hadir  membantu masyarakat dalam masalah kesehatan maupun dalam program jaring pengamanan sosial (JPS).

Selanjutnya terhadap pengurus KORPRI yang telah purna, pengurus baru akan melakukan komunikasi, koordinasi dan memberikan bantuan hukum apabila harus berurusan dengan aparat penegak hukum dalam menjalankan tugas dan kewajiban sesuai tupoksinya. "Apabila mereka berurusan hukum karena persoalan yang tidak ada kaitan kerja atau karena kesalahan sendiri maka menjadi tanggung jawab pribadi yang bersangkutan," jelasnya.