Perbaikan di sekitar dermaga Ponton
Perbaikan di sekitar dermaga Ponton

BANYUWANGITIMES - Menjelang liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Pelabuhan ASDP Ketapang mulai mempersiapkan diri.  Salah satunya, melakukan perbaikan breasting dolphin atau tempat tambat dermaga ponton. 

Breasting dolphin ini mulai diperbaiki sejak 15 Oktober lalu. Perbaikan ini merupakan program dari PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) atas usulan ASDP Ketapang. 

Selain bagian breasting dolphin, bagian tabung silinder juga dilakukan perbaikan.  Beberapa bagian lain dermaga ini juga dilakukan perawatan berkala.

"Ini untuk peningkatan pelayanan agar pengguna jasa penyeberangan semakin nyaman dalam dalam menggunakan fasilitas yang kami sediakan," kata General Manajer ASDP Ketapang, Fahmi Alweni, Selasa, (26/11/19).

Dia mentargetkan, perbaikan dermaga ponton ini akan selesai pada 15 Desember mendatang. Sehingga, pada saat musim liburan Nataru sudah bisa dioperasikan secara penuh.

Selama proses perbaikan, dermaga ponton tidak dioperasikan. Baik yang di sisi Ketapang, maupun dermaga ponton yang ada di sisi Pelabuhan Gilimanuk.

Fahmi Alweni menjelaskan, setiap hari ada 32 kapal yang beroperasi Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Terdapat masing-masing  7 dermaga di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk. Terdiri dari satu dermaga ponton, 3 dermaga moving bridge (MB), serta 3 dermaga landing craft machine (LCM).

"Dalam sehari total ada 576 trip. Untuk dermaga MB dan ponton interval time pemberangkatan 8 menit sedangkan di dermaga LCM 13 menit," jelasnya.