Sukses Banyak Program di Tahun 2017, Dinas Perumahan Kabupaten Malang Dapatkan Apresiasi Bupati	 | Banyuwangi Times

Sukses Banyak Program di Tahun 2017, Dinas Perumahan Kabupaten Malang Dapatkan Apresiasi Bupati

Feb 09, 2018 12:52
Bupati Malang Rendra Kresna bersama Wabup Malang HM Sanusi, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung dan jajaran Muspika Kecamatan Kepanjen saat akan meresmikan pembangunan DPKPCK Kabupaten Malang tahun 2017 (Istimewa)
Bupati Malang Rendra Kresna bersama Wabup Malang HM Sanusi, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung dan jajaran Muspika Kecamatan Kepanjen saat akan meresmikan pembangunan DPKPCK Kabupaten Malang tahun 2017 (Istimewa)

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang menunjukkan performa terbaiknya. Berbagai tugas berat dalam pembangunan yang berada di pundaknya di tahun 2017, terselesaikan dengan hasil menggembirakan.

Terlampauinya berbagai proyek besar di tahun 2017, misalnya yang berskala internasional seperti Kolam Renang Kanjuruhan maupun skala nasional dalam penyediaan pembangunan sistem penyediaan air minum di Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang. Serta pembangunan berbagai kantor pemerintahan, mendapat apresiasi khusus dari orang nomor satu di Kabupaten Malang.

Bupati Malang Rendra Kresna menyatakan kepuasannya terhadap kinerja DPKPCK Kabupaten Malang yang dikomandoi oleh Wahyu Hidayat. Kinerja DPKPCK patut diapresiasi. Sudah bagus. Perencanaannya juga matang, ini terlihat dari semua kegiatan selesai tepat waktu, tepat sasaran dan tepat anggaran. Tidak ada perubahan anggaran, kata bupati kesembilan belas Kabupaten Malang ini, Jumat (09/02) kepada MalangTIMES.

Bupati Malang Rendra Kresna saat akan meresmikan mobil toilet canggih DPKPCK Kabupaten Malang (for MalangTIMES)

Rendra yang kemarin (08/02) secara langsung meresmikan sejumlah proyek DPKPCK tahun 2017 yang diapresiasinya itu, juga menegaskan, bahwa seluruh proyek yang telah dibangun agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

"Maksimalkan manfaatnya untuk masyarakat. Sedangkan untuk DPKPCK terus berkarya di tahun ini, karena masih banyak tugas baru yang menanti untuk dilaksanakan," ujar Rendra yang kemarin didampingi Wakil Bupati HM Sanusi, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung serta jajaran Muspika di wilayah Kecamatan Kepanjen.

Beberapa pembangunan yang kemarin diresmikan antara lain, pembangunan Program Kotaku Desa Bedali Kecamatan Lawang, pembangunan sistem penyediaan air minum di Desa Kasembon Kecamatan Bululawang, pembangunan Kolam Renang Kanjuruhan di kawasan Stadion Kanjuruhan Kepanjen.

Sedangkan untuk pembangunan kantor pemerintahan adalah Kantor Camat Tumpang, Kantor Camat Ngantang, Pendopo Kecamatan Gondanglegi, Kantor Bappeda Kabupaten Malang di Kepanjen, dan Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang. 

Tak lupa, Bupati yang kerap mendapat apresiasi tingkat nasional di berbagai bidang pembangunan ini juga melakukan teleconference dengan perwakilan di masing-masing titik pembangunan tersebut. Saat meresmikan monument Kota Kepanjen di pertigaan Jalan Lintas Barat (Jalibar).

Berbagai hasil pembangunan di bawah DPKPCK Kabupaten Malang  saat ditampilkan (for MalangTIMES)

Di kesempatan yang sama, Kepala DPKPCK Kabupaten Malang mengatakan, bahwa apresiasi dari pimpinannya tersebut menjadi modal besar bagi seluruh karyawan yang ada di dinas yang memiliki tugas berat dalam merealisasikan berbagai pembangunan. Baik skala daerah, nasional maupun internasional ini.

Bagi Wahyu Hidayat, keberhasilan menyelesaikan berbagai pembangunan di tahun 2017 lalu tidak lepas juga dari dukungan seluruh pihak.

"Peran bapak Bupati juga sangat besar dalam kesuksesan pembangunan yang berada di pundak kami. Beliau kerap melakukan monitoring secara langsung, seperti di pembangunan Kolam Renang Internasional Kanjuruhan," ujarnya.

Wahyu melanjutkan, di tahun 2018 tugas di DPKPCK Kabupaten Malang yang sudah menunggu, diantaranya pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang akan dilakukan pembangunannya di tahun ini.

"Untuk pembangunan Rusunawa ASN pertama di Indonesia ini, kita sudah siap. Bapak Bupati juga sudah meresmikan peletakan batu pertamanya," ucapnya.

Selain tugas penyelesaian Rusunawa ASN Pemkab Malang, di pundak DPKPCK juga masih ada pekerjaan rumah dalam menyelesaikan target nasional dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat di tahun 2019. Walaupun secara hitungan matematika, target ini sudah terlampaui sekitar 87 persen di Kabupaten Malang. Tapi tujuan dari program nasional tersebut, bukan sekedar penyediaan air bersih saja. Terbentuknya perilaku hidup sehat yang berkaitan erat dengan fasilitas air bersih juga semakin kuat.

Seperti diketahui, Pemkab Malang sedang terus berjuang menihilkan angka Buang Air Besar Sembarang (BABS). Untuk menol-kan perilaku BABS tersebut, salah satunya berada di pundak dinas yang dikomandani oleh Wahyu Hidayat ini.

“Dengan capaian di air bersih yang menggembirakan, kita berharap sebelum tahun 2019 seluruh target sudah bisa dilampaui. Sehingga kita bisa fokus mengejar pencapaian ODF ini," ujar Rendra yang juga menegaskan masyarakat harus mempunyai sanitasi yang baik, harus punya WC dan jamban.

"Kalau tidak bisa rumah per-rumah, kita bisa membuatkan jamban komunal. Dan ini kita titip di DPKPCK sebagai salah satu leading sector-nya," pungkasnya.

Topik
Berita Malang BUPATI MALANG Rendra Kresna Kabupaten Malang Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang

Berita Lainnya