Genjot UMKM, PT PNM Dirikan Kantor di Banyuwangi | Banyuwangi Times

Genjot UMKM, PT PNM Dirikan Kantor di Banyuwangi

Jan 17, 2016 20:33
Direktur Utama PT PNM Persero, Parman Nataatmaja (kiri) bersama Wakil Komisi VI DPR RI, Azam Azman Natawijana (tengah) saat meresmikan kantor cabang di Banyuwangi. (Foto: syarif/banyuwangitimes)
Direktur Utama PT PNM Persero, Parman Nataatmaja (kiri) bersama Wakil Komisi VI DPR RI, Azam Azman Natawijana (tengah) saat meresmikan kantor cabang di Banyuwangi. (Foto: syarif/banyuwangitimes)

Terus berkembangnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Banyuwangi, menarik simpati PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM) Persero. Untuk itu perusahaan milik pemerintah yang bergerak dibidang pembiayaan ini mendirikan kantor cabang di Bumi Blambangan.

“Sebelumnya, untuk bisa mendapatkan pelayanan PT PNM, pelaku UMKM Banyuwangi harus datang ke Jember, tapi kini tidak lagi,” ucap Direktur Utama PT PNM, Parman Nataatmaja, Minggu (17/1/2016).

Dia berharap, dengan adanya pelayanan yang semakin dekat akan mendongkrak tumbuh kembang UMKM. Terlebih, pelayanan yang diberikan oleh PT PNM sangat berbeda jauh dengan dunia perbankan. Diantaranya, PT PNM bisa memberikan layanan permodalan dengan tanpa agunan.

“Kita juga memberikan capacity building, lalu kita survey, mana yang berhasil mana yang tidak, yang tidak berhasil dicari penyebabnya. Jadi UMKM juga mendapat training menyeluruh, mulai dari manajemen produksi, packaging hingga pemasaran,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Parman, pendampingan hingga pembentukan kelembagaan. Tujuannya, agar sesama pelaku UMKM tidak terjadi kompetisi kurang sehat yang tidak menguntungkan.

“Karena dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kompetisi sudah dengan asing,” pungkas Parman.

Untuk UMKM di Banyuwangi sendiri, PT PNM mencatat pertumbuhan yang positif. Sejak bulan Agustus 2015 lalu telah memiliki dampingan sebanyak 2.750 UMKM dengan penyaluran usaha sebesar Rp 225 miliar. (*)

Topik
UMKM PT Permodalan Nasional Madani

Berita Lainnya