Salah satu kambing ternak warga yang jadi korban serangan hewan buas. (Foto: Syarif/banyuwangitimes)
Salah satu kambing ternak warga yang jadi korban serangan hewan buas. (Foto: Syarif/banyuwangitimes)

BANYUWANGITIMES - Warga Kecamatan Tegaldlimo, Kebupaten Banyuwangi, Jawa TImur, digegerkan dengan keberadaan hewan buas yang tiba-tiba menyerang temak kambing milik warga.

Sekelompok hewan buas itu diketahui telah menyerang ternak kambing milik warga itu, diketahui sudah ada 21 ekor kambing yang dimangsa. Hal itu terdapat di dua desa, yakni di Desa Kalipahit dan Kedung Asri.

Disampaikan Parno, salah satu pemilik ternak, warga dusun Pondok Asem, desa Kedung Asri. Hewan buas masuk ke pedesaan pada malam hari, saat warga sedang tertidur lelap. Diduga hewan buas tersebut berasal dari hutan di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, yang hanya berjarak beberapa kilometer dari desa.

“Kita tahu kambing sudah luka dan hampir mati,” jelasnya, Jumat (21/08/2015). Tak ingin menderita kerugian besar, sejumlah kambing yang terluka bekas terkaman hewan buas tersebut, oleh Parno, dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Oleh warga, kejadian ini langsung dilaporkan ke petugas kepolisian Polsek Tegaldlimo. Turunnya hewan buas ke perkampungan warga terjadi hampir setiap tahun, terutama saat memasuki musim kemarau. (*)